Implementasi chatbot pada layanan Laboratorium Program Studi Informatika menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML)

Fajri Utami, Fidia (2024) Implementasi chatbot pada layanan Laboratorium Program Studi Informatika menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2015018224_JUDUL__240921075251.pdf

Download (886kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2015018224_BAB_I__240921075251.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2015018224_BAB_II__240921075251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2015018224_BAB_III__240921075251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2015018224_BAB_IV__240921075251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2015018224_BAB_V__240921075251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2015018224_DAFTAR_PUSTAKA__240921075251.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan salah satu perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki berbagai unit kerja, termasuk Laboratorium Informatika pada Program Studi Informatika. Setiap semester, Laboratorium ini menangani pendaftaran praktikum mahasiswa, yang seringkali menyebabkan kewalahan dalam menanggapi pertanyaan yang berulang, terutama dari mahasiswa baru yang tidak membaca informasi yang telah disediakan. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah sistem chatbot menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) untuk memudahkan laboran dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan mengenai layanan praktikum.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mencakup wawancara dengan laboran informatika, kajian literatur, dan observasi lapangan. Penelitian diawali dengan perumusan masalah sebagai dasar pengembangan sistem. Data yang diperoleh dari jurnal, artikel, wawancara, dan observasi dianalisis dan disesuaikan untuk proses pembangunan sistem. Sistem dirancang menggunakan Artificial Intelligence Markup Language (AIML) dengan perangkat lunak Google Chrome, Figma, dan Visual Studio Code. Alur kerja AIML melibatkan input pertanyaan, pemrosesan teks menggunakan Natural Language Processing (NLP), pencocokan keyword, dan penyediaan jawaban dari knowledge base. Pengujian dilakukan untuk mengukur akurasi chatbot, menilai kemudahan penggunaan melalui System Usability Scale (SUS), serta menguji fungsionalitas sistem dengan metode black-box.

Pengujian terhadap sistem chatbot ini menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari hasil pengujian akurasi, chatbot ini mencapai 91,45%. Berdasarkan pengukuran System Usability Scale (SUS), chatbot ini memperoleh skor rata-rata 82, yang masuk dalam kategori "Good". Selain itu, pengujian blackbox menunjukkan keberhasilan 100%. Hasil ini menunjukkan bahwa chatbot ini mampu berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna, khususnya dalam memudahkan laboran dalam menangani pertanyaan berulang terkait layanan praktikum

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: AIML; chatbot; layanan praktikum; NLP; sistem interaksi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 31 Oct 2024 06:25
Last Modified: 31 Oct 2024 06:25
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77288

Actions (login required)

View Item View Item