ISMAIL, WIJAYANTI (2023) Nilai Sosial dalam Novel Si Anak Cahaya Karya Tere Liye sebagai Alternatif Bahan Ajar Sastra di SMA. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900003142_JUDUL__230606021158.pdf Download (10MB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900003142_BAB_I__230606074635.pdf Download (245kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900003142_BAB_II__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) |
|
Text (BAB III)
T1_1900003142_BAB_III__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text (BAB IV)
T1_1900003142_BAB_IV__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (430kB) |
|
Text (BAB V)
T1_1900003142_BAB_V__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900003142_DAFTAR_PUSTAKA__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (226kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900003142_LAMPIRAN__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900003142_NASKAH_PUBLIKASI__230606074635.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
Abstract
Problematika sosial yang terjadi di kalangan remaja menyebabkan lunturnya nilai sosial bagi generasi penerus bangsa. Sehubungan dengan itu, nilai sosial dapat ditanamkan kembali melalui novel berjudul Si Anak Cahaya karya Tere Liye dalam pembelajaran sastra di sekolah. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan jenis nilai sosial berupa nilai cinta, (2)
mendeskripsikan jenis nilai sosial berupa nilai harmoni kehidupan, (3) mendeskripsikan jenis nilai sosial berupa nilai tanggung jawab, dan (4) kesesuaian nilai sosial dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye sebagai alternatif bahan
ajar sastra di SMA. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan pragmatik sastra menurut Abrams.
Penelitian ini termasuk salah satu jenis penelitian kualitatif deskriptif karena data-data yang didapatkan dari sumber penelitian berupa kata-kata yang kemudian dideskripsikan. Novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye menjadi subjek dalam
penelitian ini. Sementara objek penelitiannya adalah nilai sosial yang termuat dalam novel Si Anak Cahaya dan kesesuaiannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA. Metode penelitian ini adalah baca catat dan studi pustaka.
Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan. (1) Jenis nilai sosial berupa nilai cinta sebanyak 17 data. Melalui nilai cinta, pembaca dapat mengetahui bahwa pada hakikatnya setiap manusia diciptakan dengan hati yang memiliki rasa
kasih, sayang, dan cinta kepada sesamanya. (2) Jenis nilai sosial berupa nilai harmoni kehidupan sebanyak 10 data. Melalui nilai harmoni kehidupan, pembaca dapat mengetahui bahwa setiap orang sewajarnya dapat saling menolong kepada sesamanya yang membutuhkan bantuan. (3) Jenis nilai sosial berupa nilai tanggung jawab sebanyak 11 data. Melalui nilai harmoni kehidupan, pembaca
dapat mengetahui bahwa setiap orang memiliki kewajibannya masing-masing sebagai bentuk dari tanggung jawabnya. (4) Kesesuaian nilai sosial dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA yang ditinjau dari aspek bahasa, psikologi, dan latar belakang budaya. Pada aspek bahasa, novel Si Anak Cahaya memberikan pengetahuan bahasa asing bagi siswa, yaitu bahasa Belanda, dan penggunaan bahasa Indonesia yang baku. Pada aspek psikologis, novel ini sesuai dengan psikologis siswa dalam hal memotivasi dan memberikan nilai-nilai positif yang dapat direalisasikan dalam kehidupan sosial.
Kesesuaian penelitian ini sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA mengacu pada Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan yaitu poin 3.11 dan 4.11 tentang pesan dalam buku fiksi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | nilai sosial, novel, Si Anak Cahaya, bahan ajar, pragmatik sastra |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 02:27 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 02:27 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77296 |
Actions (login required)
View Item |