Indah Sari, Novta and Martaningsih, Sri Tutur Analisis ketrampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan. [Artikel Dosen] (Unpublished)
Text
Artikel Novta indah & Martaningsih.pdf Download (757kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, 2) penilaian pembelajaran keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik, 3) perencanaan pembelajaran yang mengacu pada keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pada pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan telah mengacu pada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Ditemukan jumlah keseluruhan indikator HOTS terdapat 20 indikator sedangkan yang berada pada level LOTS terdapat 6 indikator; 2) Penerapan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada pelaksanaan pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan kemampuan berfikir tingkat tinggi atau HOTS dengan baik dan benar, yang didominasi dengan Kata Kerja Oprasional (KKO) pada tingkatan C4 terdapat 4 indikator, C5 ditemukan 3 indikator dan C6 terdapat 5 indikator; 3) Penilaian pembelajaran tematik siswa kelas V SD Muhammadiyah MBS Prambanan telah didominasi oleh soal-soal yang berbentuk berpikir tingkat tinggi atau HOTS. Soal yang bertipe HOTS sebesar 60% sedangkan soal yang LOTS sebesar 40%.
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Dr. M.Pd Sri Tutur Martaningsih |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 02:34 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 02:34 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77700 |
Actions (login required)
View Item |