Aulia Zulfaa, Aanisah (2023) Kemampuan literasi lingkungan siswa tingkat SMP di sekolah muhammadiyah Kota Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Text (JUDUL)
T1_1900008095_JUDUL__230620091826.pdf Download (960kB) |
|
Text (BAB I)
T1_1900008095_BAB_I__230620091826.pdf Download (37kB) |
|
Text (BAB II)
T1_1900008095_BAB_II__230620091826.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
T1_1900008095_BAB_III__230620091826.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
T1_1900008095_BAB_IV__230620091826.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
T1_1900008095_BAB_V__230620091827.pdf Restricted to Registered users only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900008095_DAFTAR_PUSTAKA__230620091827.pdf Download (265kB) |
|
Text (Lampiran)
T1_1900008095_LAMPIRAN__230620091827.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900008095_NASKAH_PUBLIKASI__230620091827.pdf Download (452kB) |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi pada upaya pemerintah dalam meningkatkan literasi lingkungan di masyarakat melalui Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa siswa tingkat SMA di sekolah Adiwiyata memiliki literasi lingkungan yang baik, sedangkan siswa tingkat SMA di sekolah Non Adiwiyata memiliki literasi yang kurang. Hal ini menjadi menarik apabila kemudian melihat kemampuan literasi lingkungan siswa di tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan literasi lingkungan siswa sekolah Adiwiyata tingkat SMP di sekolah Muhammadiyah Kota Yogyakarta, (2) mengetahui kemampuan literasi lingkungan siswa sekolah Adiwiyata tingkat SMP di Sekolah Muhammadiyah Kota Yogyakarta.
Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa tingkat SMP Adiwiyata dan Non Adiwiyata di Sekolah Muhammadiyah Kota Yogyakarta. Perhitungan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel pada sekolah Adiwiyata yaitu 307 siswa dan sekolah Non Adiwiyata yaitu 294 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Instrumen pada penelitian menggunakan lembar angket dengan skala Likert yang dimodifikasi dari Middle School Environmental Literacy Survey (MSELS) yang mencakup empat aspek literasi lingkungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif.
Hasil yang diperoleh berdasarkan penelitian yaitu: (1) Tingkat kemampuan literasi lingkungan siswa sekolah Adiwiyata secara keseluruhan berada pada level 3 dengan kategori standar dan tergolong dalam tingkatan mendekati literasi operasional. (2) Tingkat kemampuan literasi lingkungan siswa sekolah Non Adiwiyata secara keseluruhan berada pada level 3 dengan kategori standar dan tergolong dalam tingkatan mendekati literasi operasional.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Literasi Lingkungan, Sekolah Adiwiyata, Sekolah Non Adiwiyata |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Biology Education (S1-Pendidikan Biologi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:12 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 07:12 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/77837 |
Actions (login required)
View Item |