Strategi Branding Sembung Batik Kulon Progo dalam Menarik Minat Konsumen di Era Pandemi Covid-19

Prastiwi, Tika Widya and Fajri, Choirul (2022) Strategi Branding Sembung Batik Kulon Progo dalam Menarik Minat Konsumen di Era Pandemi Covid-19. Komunikasiana Journal of Communication Studies, 4 (2). ISSN 2654-4695

[thumbnail of 21720-78298-1-PB (1).pdf] Text
21720-78298-1-PB (1).pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Disease-2019 (Covid-19) merupakan varian virus baru yang masuk ke Indonesia pada tahun 2021. Dalam rangka mengendalikan penyebaran wabah Covid-19, pemerintah mengambil tindakan untuk membatasi aktivitas masyarakat. Kebijakan yang ditetapkan pemerintah tersebut mengakibatkan penurunan aktivitas ekonomi yang berdampak pada beberapa produsen, salah satunya produsen kain Batik milik Sembung Kulon Progo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi branding yang digunakan oleh Sembung Batik Kulon Progo untuk menarik minat konsumen di era pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan sepuluh elemen branding: Brand Identity, Brand Positioning, Brand differentiation, Brand Communication, Brand Image, Brand Personality, Brand Equity, Brand Experience, dan Brand Gap. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data akan dilakukan melalui wawancara, observasi, dan data sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sembung Batik Kulon Progo dapat menarik minat konsumen di era pandemi dengan memperhatikan hal-hal sederhana yang kemudian dijadikan media branding. Dari sepuluh elemen branding yang digunakan peneliti dalam penelitian ini, Sembung Batik Kulon Progo memenuhi semua elemen branding yang ada. Dengan cara ini, Sembung Batik Kulon Progo memiliki branding yang kuat di pasaran, sehingga ketika salah satu brandingnya melemah, ada branding lain yang dapat menutupi kelemahan tersebut. Diharapkan penelitian ini akan memberikan informasi kepada khalayak luas mengenai ruang lingkup branding yang terjadi di lapangan.

Item Type: Artikel Umum
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Letters (Fakultas Sastra) > S1-ilmu komunikasi
Depositing User: Choirul Fajri
Date Deposited: 02 Jan 2025 06:08
Last Modified: 02 Jan 2025 06:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78014

Actions (login required)

View Item View Item