Kirana Prama, Dewi lndigenous Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan: Upaya Pemantapan ldentitas Nasional. In: Proseding Seminar Nasional: Active Learning Fasilitator (Alfa)VI. Universitas Widya Dharma Klaten, pp. 76-86.
Text
Prosiding unwidha upload.pdf Download (4MB) |
Abstract
Melalui makalah ini penulis ingin membangun konsepsi tentang “membumikan” pendidikan multikultural berbasis karakter keIndonesiaan dalam upaya pemantapan identitas nasional. Berbagai referensi menunjukkan bahwa di era globalisasi dewasa ini terdapat berberapa masalah terkait dengan berkembangnya kesadaran etnis yang sempit. Konflik horizontal kerap terjadi di bumi Indonesia. Munculnya krisis jati diri (identitas nasional) yang mengakibatkan lunturnya karakter keIndonesiaan di kalangan generasi muda. Fenomena penyelesaian konflik yang destruktif yang diakibatkan lunturnya sikap toleran dan saling menghargai. Berbagai masalah tersebut apabila tidak segera ditangani maka akan mengakibatkan disintegrasi bangsa. Pendidikan multikultural berbasis karakter keIndonesiaan tepat untuk diadopsi sebagai upaya pemantapan identitas nasional dalam menghadapi tantangan global, karena pendidikan multikultural berbasis karakter keIndonesiaan menekankan pada nilai semangat kebangsaan dan nilai cinta tanah air.
Kata kunci: pendidikan multikultural, karakter keIndonesiaan, identitas nasional
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | Kirana Prama Dewi |
Date Deposited: | 24 Oct 2017 03:14 |
Last Modified: | 24 Oct 2017 03:14 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7839 |
Actions (login required)
View Item |