Evaluasi dan redesain pengalaman pengguna pada aplikasi tiktok menggunakan metode cognitive walkthrough

Nur Syalshabilla, Pinky (2024) Evaluasi dan redesain pengalaman pengguna pada aplikasi tiktok menggunakan metode cognitive walkthrough. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_2000018303_JUDUL__241129115500.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_2000018303_BAB_I__241129115500.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_2000018303_BAB_II__241129115500.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_2000018303_BAB_III__241129115500.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_2000018303_BAB_IV__241129115500.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_2000018303_BAB_V__241129115500.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_2000018303_DAFTAR_PUSTAKA__241129115500.pdf

Download (533kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_2000018303_LAMPIRAN__241129115500.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_2000018303_NASKAH_PUBLIKASI__241129115500.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aplikasi TikTok telah menjadi salah satu media sosial yang paling populer di dunia, dengan jutaan pengguna aktif setiap hari. Meskipun aplikasi ini telah mencapai kesuksesan yang luar biasa, masih ada beberapa masalah yang perlu diatasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Hal ini terungkap melalui ulasan pengguna di platform PlayStore. Sekitar 6,7% menunjukkan adanya pengguna yang merasa frustrasi atau tidak puas dengan beberapa aspek dari TikTok dan sekitar 5,7% menunjukkan bahwa adanya pengguna yang merasa jijik atau tidak suka terhadap konten atau fitur yang ada di TikTok. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi pada aspek UI/UX dan tingkat kemudahan pengguna serta melakukan perbaikan desain sehingga dapat meningkatkan pengalaman pengguna.
Metode dalam penelitian ini adalah Task Centered System Design yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Identifikasi, Analisis Kebutuhan, Skenario Desain, dan Pengujian Walkthrough. Pengumpulan data berupa studi pustaka, observasi sekaligus evaluasi usability dengan metode cognitive walkthrough. Evaluasi dilakukan dua kali, yaitu: evaluasi aplikasi TikTok yang sedang berjalan dan evaluasi hasil redesain.
Redesain prototype TikTok yang dilakukan mencakup fitur login, beranda, notifikasi, pencarian, buat dan unggah video, pengaturan, halaman poin, halaman tren, serta halaman FYP berdasarkan hasil metode cognitive walkthrough. Adapun fokus perbaikan yaitu pada pengelompokkan konten, penambahan filter pencarian dan perbaikan tampilan yang lebih intuitif. Hasil evaluasi untuk aspek efektivitas TikTok yang sedang berjalan rata-rata keseluruhan mencapai 90,32%. Sedangkan evaluasi hasil redesain rata-rata keseluruhan mencapai 96,84%. Hasil evaluasi untuk aspek efisiensi dengan perhitungan menggunakan rumus Overall Relative Efficiency, pada aplikasi TikTok yang sedang berjalan mencapai angka 37,88%, sedangkan evaluasi hasil redesain mencapai 20,97%. Berdasarkan evaluasi tersebut dapat diketahui terdapat peningkatan untuk aspek efektivitas sebesar 6,52�n peningkatan efisiensi sebesar 16,91%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil rekomendasi desain TikTok meningkatkan pemahaman pengalaman pengguna dalam segi UI/UX yang lebih baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Cognitive walkthrough; TikTok; UI/UX
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:48
Last Modified: 17 Jan 2025 07:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/78504

Actions (login required)

View Item View Item