Penyematan Aspek Vokasional pada Program Akademik di Lingkungan Pendidikan Tinggi Teknik

Muchlas, M (2017) Penyematan Aspek Vokasional pada Program Akademik di Lingkungan Pendidikan Tinggi Teknik. In: Seminar Nasional Vokasi dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 28 Oktober 2017, Denpasar-Bali.

[thumbnail of 2017-muchlas-penyematan-aspek-vokasi-artikel-bercover.pdf] Text
2017-muchlas-penyematan-aspek-vokasi-artikel-bercover.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perguruan tinggi teknik perlu terus menerus melakukan perbaikan dan inovasi terhadap implementasi
kurikulumnya agar lulusan yang dihasilkan siap bekerja di dunia usaha dan dunia industri. Aspek vokasional
menjadi penting dan perlu disematkan pada kurikulum program pendidikan akademik agar para lulusan program
ini selain memiliki keahlian akademik juga keterampilan vokasional tanpa meninggalkan tujuan utamanya
menyiapkan sarjana teknik. Paper ini mendeskripsikan muatan-muatan aspek vokasional pada program akademik
Jurusan Teknik Elektro Universitas Ahmad Dahlan dilihat dari orientasi metodologi skripsi mahasiswa yang
dikategorikan ke dalam modeling, verification, simulation, dan design. Data penelitian diperoleh melalui survei
selama 10 tahun terakhir dengan jumlah sampel sebanyak 146 skripsi. Setiap naskah skripsi dianalisis untuk
memperoleh informasi kecenderungan metodologi yang digunakan. Hasil studi menunjukkan bahwa skripsi
mahasiswa memiliki kandungan aspek vokasional yang sangat tinggi yakni 93,8%. Tugas akhir dengan muatan
aspek vokasional yang tinggi ini ternyata diikuti dengan semakin cepatnya waktu penyelesaian skripsi tersebut
selama tiga tahun berturut-turut yakni 13,5 bulan pada tahun 2014/2015 turun menjadi 11,8 bulan pada 2015/2016
dan 9,1 bulan pada 2016/2017.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Vokasi
Depositing User: Dr. Muchlas , M.T.
Date Deposited: 03 Nov 2017 08:15
Last Modified: 04 Nov 2017 04:42
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/7897

Actions (login required)

View Item View Item