OPTIMALISASI PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DAN DONGENG DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA

Sumaryati, SUM (2011) OPTIMALISASI PERAN PERMAINAN TRADISIONAL DAN DONGENG DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA. In: Seminar Nasional Kearifan Lokal untuk Pendidikan karakter, 30 April 2011, Universitas Muhammadiyah Malang.

[thumbnail of 2013 MAKALAH UMM OPTIMALISASI PERAN PERMAINAN TRADISIONAL.pdf] Text
2013 MAKALAH UMM OPTIMALISASI PERAN PERMAINAN TRADISIONAL.pdf

Download (211kB)

Abstract

Pada beberapa tahun terakhir ini, bangsa Indonesia bertubi – tubi terkena musibah.baik musibah alam yang berupa banjir, longsor, gunung meletus, guncangan gempa, maupun musibah yang berupa gempa sosial,politik, ekonomi, dan hukum. Gempa social, politik, ekonnomi, dan hukum yang bertubi – tubi dan silih berganti ini menunjukkan betapa rendahnya kualitas karakter manusia Indonesia. Bahkan Indonesia termasuk rangking tertinggi dalam daftar urut Negara terkorop di dunia. Secara mendasar hal tersebut disebabkan karena terjadinya krisis multi dimensi dalam diri masyarakat Indonesia, yaitu krisis dalam hal etika, kepercayaan diri, dan kepercayaan social. Bersamaan dengan berbagai krisis tersebut , bangsa dan masyarakat Indonesia harus berhadapan dengan masa globalisasi. Pada masa ini dituntut adanya ketahanan mental ideologis , agar masyarakat dan bangsa ini tidak semakin tenggelam di antara masyarakat dan bangsa lain di dunia. Bagaimana nasib bangsa dan masyarakat ini, jika mentalitasnya lemah, tidak mampu mengatasi berbagai krisis yang terjadi dan berbagai pengaruh globalisasi. Dapat dinyatakan bahwa ketahanan nasional suatu bangsa tidak semata-mata didasarkan pada kemampuan bangsa mempertahankan negaranya secara fisik, namun juga harus dilihat dari kemampuan mental mengantisipasi berbagai pengaruh di sekitarnya.
Salah satu sebab mendasar terjadinya gempa social politik ini adalah belum tercapainya tujuan pendidikan karakter. Pendidikan karakter bangsa yang bertujuan untuk menanamkan dan menumbuhkembangkan nilai-nilai moral dalam kehidupan bersama, belum diterapkan dengan benar. Haj ini disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena pola dan media pembelajaran pendidikan karakter masih bersifat sangat umum dan belum menyentuh tataran realitas. Pendidikan karakter seharusnya diberikan dengan memperhatikan aspek-aspek manusia itu sendiri,lingkungan di mana manusia tumbuh dan berkembang,budaya setempat di mana manusia berkembang, dan kemampuan pemikiran manusia, sehingga lebih mudah menerima dan mengaplikasikannya.
Pemaparan penulis dalam tulisan sederhana ini, akan membahas optimalisasi pendidikan karakter bangsa dengan menggunakan media permainan tradisional Jawa dan dongeng. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kenyataan bahwa system pendidikan kita mulai luntur dari berbagai nilai budaya yang lama telah ada, dan semakin merebaknya permainan-permainan yang modern yang secara tidak langsung sangat berpengaruh pada penanaman karakter anak. Dalam permainan tradisional terdapat beberapa aspek positif antara lain menumbuhkan karakter jiwa anak yang mandiri, karakter kebersamaan, dan karakter menentukan aturan permainan secara terbuka. Pendidikan dari aspek kepribadian anak, tanggungjawab,transparasi,kejujuran, tersimpan dalam permainan tradisional ini.. Dalam dongeng akan banyak ditemukan wawasan / gambaran tentang kehidupan manusia dengan berbagai watak dan konsekuensinya, keteladanan akan didapatkan dari gambaran para tokoh dalam dongeng. Berdasarkan hal tersebut sudah saatnya untuk kembali menghidupkan permainan tradisional dan dongeng, sebagai media untuk menanamkan karakter anak, dengan kreativitas dari pihak sekolah / guru , khususnya di wilayah Jawa. Permainan tradisional dapat dijadikan sebagai materi dalam pelajaran olah raga, dongeng dikembangkan dalam pelajaran bahasa Jawa. Dalam hal ini guru mata pelajaran Olah raga dan Bahasa Jawa, harus betul-betul dapat mentransfer nilai-nilai yang ada dalam permainan tradisional dan dongeng , sekaligus dapat menjadikannya sebagai media pendidikan dan penanaman karakter bangsa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: diverifikasi oleh Zulfa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dra, M.Hum Sumaryati Sumaryati
Date Deposited: 30 Nov 2017 02:31
Last Modified: 30 Nov 2017 02:31
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/8064

Actions (login required)

View Item View Item