METODE PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 GALUR BROSOT KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Sumaryati, SUM (2015) METODE PENDIDIKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 GALUR BROSOT KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013-2014. In: Seminar Nasional Keindonesiaan ke-1, 30 Mei 2015, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of 2016Makalah  Sumaryati ke Ponorogo, Metode Pendidikan Karakter di  SMP N 1 Galur,.pdf] Text
2016Makalah Sumaryati ke Ponorogo, Metode Pendidikan Karakter di SMP N 1 Galur,.pdf

Download (178kB)

Abstract

Permasalahan karakter, khususnya dalam hal moral, di masa sekarang merupakan hal yang harus dihadapi secara serius. Terdapat beberapa fenomena yang menunjukkan melemahnya moralitas bangsa, termasuk generasi muda. Salah satu media untuk memperbaiki moral tersebut adalah dengan pendidikan formal / sekolah . Dengan demikian pendidikan formal / sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam perbaikan moral bangsa, khususnya generasi muda. Berdasarkan hal tersebut, maka pendidikan moral di sekolah merupakan hal yang harus diperhatikan. Hal yang sangat penting diperhatikan dalam pendidikan formal di sekolah adalah tentang metode pendidikan moral / karakter. Metode yang tepat akan mempengaruhi perbaikan karakter / moral generasi muda. SMP N 1 Galur Brosot Kulon Progo dikenal sebagai salah satu sekolah dengan karakter yang kuat. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengetahui metode pendidikan karakter siswa yang dilakukan oleh SMP N 1 Galur Brosot Kulon Progo, sehingga menjadi sekolah yang dikenal memilki karakter kuat.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 15 personil sekolah, yang terdiri dari 13 guru , 1 kepala sekolah, dan 1 wakil kepala sekolah. Objek penelitian adalah metode pendidikan moral siswa yang dilakukan oleh sekolah. Metode pengumpulan data dengan angket terbuka, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah quesioner terbuka, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Teknis analisis data adalah reduksi data, klasifikasi data, display data, interpretasi data, dan penyimpulan.

Hasil penelitian ini adalah metode pendidikan karakter siswa oleh SMP N 1 Galur Brosot, melalui pengajaran di kelas, dengan RPP yang telah memuat karakter yang akan dicapai, dengan metode pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik,. Melalui pemberian keteladanan oleh jajaran sekolah dalam berkomunikasi dengan siswa, guru lain, karyawan dan dengan lingkungan, semua yang dilaksanakan oleh jajaran sekolah berdasarkan tata tertib guru . Prioritas yang telah ditetapkan oleh sekolah, prioritas nilai karakter yang dibangun di SMP N 1 Galur Kulon Progo adalah cerdas (unggul dalam prestasi), santun, dan taqwa seperti yang terdapat dalam visi sekolah. Melalui praksis prioritas guru dan sekolah telah memiliki RPP yang berkarakter, Praksis skala prioritas yang dilaksanakan SMP N 1 Galur Kulon Progo adalah , guru dan sekolah telah memiliki RPP yang berkarakter, memiliki mata pelajaran seni budaya dan bahasa Jawa sebagai muatan lokal untuk pendidikan karakter, dan ekstrakurikueler Pramuka dan ESC , sebagai ekstrakurikuler yang wajib ditempuh siswa. Selain itu sekolah juga menentukan beberapa kegiatan routin sekolah seperti tadarus setiap sebelum pelajaran dimulai, sholat dhuha bersama, sholat dhuhur berjamaah, dan pesantren di sekolah. Melalui refleksi dalam pendidikan karakter dengan melakukan peninjauan visi, misi, dan tujuan sekolah setiap tahun, mereview silabus dan RPP di setiap awal semester tahun ajaran. Pemantauan dan penilaian ekstrakurikuler masih sepenuhnya dilakukann oleh guru pendamping , dan belum memiliki forum untuk membahas dan merumuskan instrumen monitoring dan evaluasi pendidikan karakter baik yang terintegrasi dalam mata pelajaran maupun dalam ekstrakurikuler sekolah.

Kata Kunci : metode pengajaran, metode keteladanan, metode skala prioritas, metode praksis prioritas, metode refleksi

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: Diverikasi oleh Zulfa (Perpustakaan)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dra, M.Hum Sumaryati Sumaryati
Date Deposited: 28 Nov 2017 07:48
Last Modified: 28 Nov 2017 07:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/8072

Actions (login required)

View Item View Item