Repository Universitas Ahmad Dahlan

Evaluasi Implementasi Pendekatan Problem Based Learning dalam mata kuliah Problem Based Learning dalam mata kuliah Telaah Kurikulum Fisika melalui Mixed Method

Kusumaningtyas, Dian Artha (2017) Evaluasi Implementasi Pendekatan Problem Based Learning dalam mata kuliah Problem Based Learning dalam mata kuliah Telaah Kurikulum Fisika melalui Mixed Method. In: Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan dan Menggembirakan.

[img] Text
Evaluasi_Implementasi_Pendekatan_Problem_Based_Lea.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menelaah implementasi pendekatan Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran. Karena sejauh ini pendekatan PBL masih sangat jarang diimplementasikan pada proses pembelajaran di Kampus. Dosen banyak mengeluh akan kurangnya pengetahuan pelaksanaan pendekatan PBL dan waktu yang disediakan masih relatif sedikit tetapi materi yang di sajikan cukup banyak Desain penelitian yang dilakukan adalah explanatory mixed-method analysis. Peneliti menggunakan jenis penelitian mixed methodology research. Mixed Method adalah metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data). Mixed Method juga disebut sebagai sebuah metodologi yang memberikan asumsi filosofis dalam menunjukkan arah atau memberi petunjuk cara pengumpulan data dan menganalisis data serta perpaduan pendekatan kuantitatif dan kualitatif melalui beberapa fase proses penelitian. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Pendekatan Problem Based Learning berhasil dilakukan. Rata-rata penilaian pengimplementasian pendekatan PBLadalah 86,9% dengan kategori mendekati setuju, yang artinya implementasi pendekatan problem based learning pada proses pembelajaran oleh peneliti berhasil dilakukan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: M.Pd.si Dian Artha Kusumaningtyas
Date Deposited: 23 Dec 2017 05:04
Last Modified: 23 Dec 2017 05:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/8209

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.