Perancangan UI/UX E-Commerce Adji Neon Advertising Berbasis Aplikasi Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Waskito, Tegar Aji (2023) Perancangan UI/UX E-Commerce Adji Neon Advertising Berbasis Aplikasi Mobile dengan Menggunakan Metode Design Thinking. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900018327_JUDUL__230911102212.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900018327_BAB_I__230911102212.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900018327_BAB_II__230911102212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900018327_BAB_III__230911102212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900018327_BAB_IV__230911102212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900018327_BAB_V__230911102212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900018327_DAFTAR_PUSTAKA__230911102212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900018327_LAMPIRAN__230911102212.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)

Abstract

Adji Neon Advertising merupakan perusahaan yang bergerak di bidang periklanan dan
percetakan digital yang melihat adanya peluang dalam melakukan pengembangan perusahaan dalam
dunia digital. Berdasarkan wawancara pada konsumen dan pengujian UEQ awal pada website Adji
Neon Advertising didapatkan bahwa terdapat kekurangan yang dapat diperbaiki sehingga dilakukan
peningkatan dengan merancang aplikasi mobile Adji Neon Advertising dengan pendekatan terhadap
pengguna. Perancangan aplikasi didasarkan kepada kebutuhan dan preferensi pengguna sehingga
digunakan metode design thinking.
Metode design thinking merupakan metode yang melakukan pendekatan terhadap keinginan
dan kebutuhan pengguna. Tahapan dalam metode design thinking terdiri atas lima langkah, yaitu
empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Empathize merupakan tahap untuk mendapatkan
informasi berupa kebutuhan pengguna. Define merupakan tahap melakukan analisis terhadap
informasi yang telah didapatkan. Ideate merupakan tahap menentukan solusi dari permasalahan yang
ditemui. Tahap prototype mengimplementasikan ide dan solusi dalam bentuk visual. Tahap testing
menggunakan metode User Experience Questionnaire (UEQ) untuk melakukan penilaian terhadap
kenyamanan dan pengalaman pengguna.
Hasil pengujian dengan responden berjumlah 30 pada rancangan UI/UX E-Commerce Adji
Neon Advertising berbasis aplikasi mobile berhasil memberikan peningkatan skor UEQ pada berbagai
aspek experience pengguna dibanding pengujian sebelumnya pada website Adji Neon Advertising. Hal
ini menunjukkan bahwa hasil perancangan UI/UX memberikan peningkatan kepuasan pengguna dalam
berinteraksi dengan aplikasi. Skor UEQ didapatkan sebagai berikut: daya tarik 2,028; kejelasan 1,975;
efisiensi 1,908; ketepatan 1,750; stimulasi 1,833; dan kebaruan 1,342.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Aplikasi Mobile, Design Thinking, User Interface, User Experience, User Experience Questionnaire (UEQ)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika)
Depositing User: Nurshifa Fauziyah
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:41
Last Modified: 27 Feb 2025 02:41
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/82251

Actions (login required)

View Item View Item