Al Mutamaddinah, Fatihah (2024) Strategi Guru ISMUBA dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa di SD Muhammadiyah 1 Babat Lamongan Jawa Timur. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2000031237_JUDUL__240921113308.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2000031237_BAB_I__240921113308.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2000031237_BAB_II__240921113308.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2000031237_BAB_III__240921113308.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2000031237_BAB_IV__240921113308.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2000031237_BAB_V__240921113309.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2000031237_DAFTAR_PUSTAKA__240921113309.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2000031237_LAMPIRAN__240921113309.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Riset ini di latar belakangi oleh minimnya keterlibatan serta keaktifan siswa pada pembelajaran ISMUBA di SD Muhammadiyah 1 Babat. Berdasarkan hal tersebut fokus riset ini ialah strategi yang dipakai guru ISMUBA dalam pembelajaran. Studi ini secara khusus membahas mengenai strategi guru ISMUBA dalam menumbuhkan keaktifan anak didik. Tujuan riset ini ialah mengenali strategi guru ISMUBA dalam menumbuhkan keaktifan anak didik di SD Muhammadiyah 1 Babat Lamongan Jawa Timur, mengenali hasil strategi guru ISMUBA dalam menumbuhkan keaktifan siswa dan mengenali faktor pendukung dan penghambat strategi guru ISMUBA dalam menumbuhkan keaktifan siswa.
Metode yang dipakai pada riset ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Cara pengambilan informasi lewat pemantauan secara langsung ke lapangan baik tanya jawab ataupun manuskrip. Peneliti memakai tes kredibilitas data dengan triangulasi data. Analisis data memakai tiga langkah yaitu: pengurangan informasi, penyajian data serta pengambilan kesimpulan.
Hasil riset ini memperlihatkan jika: 1) Guru ISMUBA SD Muhammadiyah 1 Babat memakai teknik ceramah, tanya jawab serta, drill soal pada pembelajaran langsung. Pembelajaran interaktif memakai metode role playing, kerja kelompok dan diskusi kelompok karena pembelajaran interaktif lebih menitik beratkan pada keterlibatan aktif siswa. Sedangkan pada pembelajaran mandiri menekankan pada kemampuan anak didik guna berlatih sendiri, serta bertanggung jawab, pada pembelajaran mandiri anak didik diberi tugas yang dapat mendorong independensi anak didik dalam penyelesaiannya. 2) Hasil strategi guru dalam menumbuhkan keaktifan siswa pada pembelajaran ISMUBA di SD Muhammadiyah 1 Babat yaitu keaktifan hanya pada sebagian siswa saja, atensi anak didik kepada pemaparan pendidik, keahlian anak didik untuk mengungkapkan opini dalam kelompok, membagi peluang pada teman dalam kelompok untuk berbicara, serta menolong satu sama lain dalam mengatasi persoalan. 3) Faktor pendukung strategi guru dalam menumbuhkan keaktifan siswa yaitu lingkungan belajar yang menarik dan pengembangan kompetensi guru. Faktor penghambat strategi guru dalam menumbuhkan keaktifan siswa yaitu minimnya minat belajar siswa dan keterbatasan waktu pelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Strategi Guru, Guru ISMUBA, Keaktifan Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 22 Apr 2025 02:02 |
Last Modified: | 22 Apr 2025 02:02 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |