Navisoh, Navisoh (2023) Analisis Penggunaan Telemedicine sebagai Pelayanan Kesehatan pada Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800029092_JUDUL__231025025116.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800029092_BAB_I__231025025014.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800029092_BAB_II__231025025014.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800029092_BAB_III__231025025014.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800029092_BAB_IV__231025025014.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800029092_BAB_V__231025025015.pdf Restricted to Registered users only Download (981kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800029092_DAFTAR_PUSTAKA__231025025015.pdf Download (995kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800029092_LAMPIRAN__231025025015.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1800029092_NASKAH_PUBLIKASI__231025025015.pdf Download (252kB) |
Abstract
Latar Belakang: Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan tidak biasa pada layanan kesehatan. Pemerintah terus melakukan kebijakan untuk mencegah penyebaran COVID-19 salah satunya adalah anjuran penggunaan telemedicine. Telemedicine merupakan salah satu bentuk pelayanan jarak jauh menggunakan teknologi sebagai salah satu upaya untuk mempercepat peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan. Telemedicine merupakan inovai layanan kesehatan baru di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan telemedicine sebagai pelayanan kesehatan pada masa pandemi COVID-19 di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah enam informan yang diambil melalui teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Hasil: Akses telemedicine dimulai dari mensosialisasikan program telemedicine di media sosial yang menjelaskan alur keberjalanan telemedicine sesuai dengan SOP. Kualitas telemedicine dinilai bagus dengan adanya sarana prasarana yang menunjang program telemedicine meskipun peluang dalam pengembangannya telemedicine ini dikatakan belum maksimal karena belum memiliki target untuk dicapai. Tujuan telemedicine adalah untuk membantu pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan dimana mereka tidak dapat mengunjungi rumah sakit secara langsung, penerapan program telemedicine telah mampu memberikan pelayanan yang berkualitas dan memuaskan meskipun terdapat kendala dari petugas maupun pasien. Kesimpulan: Penggunaan telemedicine di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta sudah cukup baik mulai dari akses pelayanannya, kualitas telemedicine dan kepuasan penggunanya. Tetapi masih terdapat kendala yaitu SDM yang kurang, petugas unit keuangan yang tidak segera memberikan konfirmasi kepada pasien, sampai dengan kendala pada pasiennya. Sehingga diharapkan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta dapat melakukan monitoring dan evaluasi secara internal terhadap program telemedicine.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Telemedicine, Pelayanan kesehatan, COVID-19 |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RA Public aspects of medicine T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Public Health (Fakultas Kesehatan Masyarakat) > S1-Science in Public Health (S1-Kesehatan Masyarakat) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:57 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:57 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83283 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |