Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Genially untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Kelas XII Materi Sumber Energi

Hasanah, Ummi Uswatun (2023) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Genially untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Kelas XII Materi Sumber Energi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800007033_JUDUL__230126011159.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800007033_BAB_I__230125094932.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800007033_BAB_II__230125094932.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800007033_BAB_III__230125094932.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800007033_BAB_IV__230125094932.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800007033_BAB_V__230125094932.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800007033_DAFTAR_PUSTAKA__230125094932.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800007033_LAMPIRAN__230125094932.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pembelajaran dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang lebih efektif dan mempermudah proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan modul elektronik berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jenis penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA IPA 1 SMAN 1 Kretek yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan data dengan wawancara, respon siswa dan tes berupa pretest dan posttest, kemudian untuk analisis data kuantitatif deskriptif dari kelayakan dan keefektifan produk . Berdasarkan hasil validasi dua ahli materi memiliki kategori “Sangat Layak” dari masing-masing aspek dengan rerata 73,5 pada kelayakan isi, 16,0 pada kelayalan penyajian, dan 38,5 aspek bahasa. Hasil validasi dua ahli materi dengan rerata aspek kegrafikan yaitu 53,0 memiliki kriteria “Sangat Layak”. Adapun hasil dari nilai praktisi guru mata pelajaran fiska pada masing-masing aspek memiliki kategori “Sangat Layak” dengan rerata 74,0 pada aspek kelayakan isi, 16,0 aspek kelayakan penyajian, 40,0 aspek bahasa dan 39,0 pada aspek kegrafikan. Sedangkan hasil respon perserta didik dari masing-masing aspek memiliki kategori “Sangat baik” dengan rerata 16,97 pada aspek tampilan, 17,30 pada aspek penyajian materi, 17,79 pada aspek manfaat, 17,34 pada aspek muatan PBL dan 17,27 pada aspek berfikir kritis. Adapun keefektifan modul dilihat pada nilai pretest dan posttest degan metode perhitungan N-Gain yaitu 0,574 termasuk kategori “Sedang”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul elektonik berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa layak digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Modul elektronik, problem based learning, kemampuan berfikir kritis, sumber energi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 29 Apr 2025 02:19
Last Modified: 29 Apr 2025 02:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83288

Actions (login required)

View Item View Item