Hasanah, Ummi Uswatun (2023) Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Genially untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Kelas XII Materi Sumber Energi. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800007033_JUDUL__230126011159.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800007033_BAB_I__230125094932.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800007033_BAB_II__230125094932.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800007033_BAB_III__230125094932.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800007033_BAB_IV__230125094932.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800007033_BAB_V__230125094932.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800007033_DAFTAR_PUSTAKA__230125094932.pdf Download (357kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800007033_LAMPIRAN__230125094932.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas pembelajaran dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin berkembang. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang lebih efektif dan mempermudah proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan modul elektronik berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis. Jenis penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMA IPA 1 SMAN 1 Kretek yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan data dengan wawancara, respon siswa dan tes berupa pretest dan posttest, kemudian untuk analisis data kuantitatif deskriptif dari kelayakan dan keefektifan produk . Berdasarkan hasil validasi dua ahli materi memiliki kategori “Sangat Layak” dari masing-masing aspek dengan rerata 73,5 pada kelayakan isi, 16,0 pada kelayalan penyajian, dan 38,5 aspek bahasa. Hasil validasi dua ahli materi dengan rerata aspek kegrafikan yaitu 53,0 memiliki kriteria “Sangat Layak”. Adapun hasil dari nilai praktisi guru mata pelajaran fiska pada masing-masing aspek memiliki kategori “Sangat Layak” dengan rerata 74,0 pada aspek kelayakan isi, 16,0 aspek kelayakan penyajian, 40,0 aspek bahasa dan 39,0 pada aspek kegrafikan. Sedangkan hasil respon perserta didik dari masing-masing aspek memiliki kategori “Sangat baik” dengan rerata 16,97 pada aspek tampilan, 17,30 pada aspek penyajian materi, 17,79 pada aspek manfaat, 17,34 pada aspek muatan PBL dan 17,27 pada aspek berfikir kritis. Adapun keefektifan modul dilihat pada nilai pretest dan posttest degan metode perhitungan N-Gain yaitu 0,574 termasuk kategori “Sedang”. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul elektonik berbasis PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa layak digunakan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Modul elektronik, problem based learning, kemampuan berfikir kritis, sumber energi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education Q Science > QC Physics |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Physics Education (S1-Pendidikan Fisika) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 02:19 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 02:19 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83288 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |