Sari, Septia Verda Intan (2025) Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Peresepan Elektronik (E-Prescribing) di Puskesmas Pegirian Surabaya. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100023118_JUDUL__250224010251.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100023118_BAB_I__250224010252.pdf Download (360kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100023118_BAB_II__250224010252.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100023118_BAB_III__250224010252.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100023118_BAB_IV__250224010252.pdf Restricted to Registered users only Download (985kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100023118_BAB_V__250224010252.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100023118_DAFTAR_PUSTAKA__250224010252.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_2100023118_LAMPIRAN__250224010252.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100023118_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250224010252.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) | Request a copy |
Abstract
Era globalisasi masa kini telah berdampak besar pada perkembangan dan kemajuan teknologi di berbagai bidang khususnya kesehatan. Salah satu inovasi perkembangan teknologi pada bidang kesehatan yaitu pemanfaatan pelayanan peresepan elektronik (E-prescribing) sebagai upaya peningkatan pelayanan kepada pasien. Namun berbagai kendala masih ditemukan dalam proses pelaksanaanya. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien terhadap pelayanan peresepan elektronik ditinjau dari lima dimensi service quality dan untuk mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan peresepan elektronik (E-prescribing) berdasarkan karakteristik di Puskesmas Pegirian Surabaya. Servqual merupakan skala multi-item untuk mengukur kepuasan yang mencakup lima dimensi yaitu: bukti fisik, kehandalan, ketanggapan, jaminan dan empati.
Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner. Responden dipilih secara non-random convenience sampling. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara univariat, Importance Performance Analisys (IPA), dan analisis bivariat.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat dua atribut di kuadran I yang perlu ditingkatkan yaitu kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu dan petugas farmasi menyerahkan obat sesuai dengan nomor antrian di resep. Pada analisis Mann Whitney diperoleh nilai p-value tingkat kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan karakteristik usia (0.000), jenis kelamin (0.000), tingkat pendidikan (0.000), status pekerjaan (0.000), penanggung biaya kesehatan (0.000, intensitas kunjungan (0.775) dan jumlah obat yang diterima pasien (0.346).
Kesimpulan pada penelitian ini terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan karakteristik usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, status pekerjaan, dan penanggung biaya kesehatan dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat kepuasan pasien rawat jalan berdasarkan karakteristik intensitas kunjungan dan jumlah obat yang diterima.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Kepuasan, Pasien rawat jalan, Pelayanan, Resep Elektronik |
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology R Medicine > RT Nursing T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 10 May 2025 02:04 |
Last Modified: | 10 May 2025 02:04 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83484 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |