Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Materi Membatik di SD Muhammadiyah Bodon

Lutfiani, Nadia (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Materi Membatik di SD Muhammadiyah Bodon. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1600005230_JUDUL__230802104240.pdf

Download (761kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1600005230_BAB_I__230802104240.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1600005230_BAB_II__230802104240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1600005230_BAB_III__230802104240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1600005230_BAB_IV__230802104240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1600005230_BAB_V__230802104240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005230_DAFTAR_PUSTAKA__230802104240.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1600005230_LAMPIRAN__230802104240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005230_NASKAH_PUBLIKASI__230802104240.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sejak tahun 2020 pendidikan mengalami perubahan dengan adanya pandemi covid-19. Perubahan kurikulum dilakukan oleh pemangku kebijakan untuk menyesuaikan kondisi yang ada. Kurikulum merdeka diterapkan sebagai upaya pengendalian krisis pembelajaran (loss learning) akibat dari pandemi Covid-19. Dalam kurikulum merdeka terdapat 6 profil pelajar pancasila yang merupakan sejumlah ciri karakter dan kompetensi yang diharapkan untuk diraih oleh peserta didik, yang didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila melalui materi membatik di SD Muhammadiyah Bodon. Metode penelitian ini menggunakan menggunakan jenis penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan telaah dokumen. Subjek penelitian ini adalah guru kelas 1A dan 3 peserta didik kelas IA dengan alasan dari ke tiga peserta didik tersebut dinilai sudah mewakili jawaban peneitian. Analisis data menggunakan teori Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian yang ditemukan bahwa Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Materi Membatik di SD Muhammadiyah Bodon merupakan program yang berhasil mengintegrasikan pembelajaran kearifan lokal, seni budaya, dan nilai-nilai Pancasila dalam proses pembelajaran siswa. Melalui Proyek P5 ini siswa terlibat aktif dalam memahami dan mengembangkan seni membatik jumputan, serta menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap tahapan projek .

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Projek Penguatan, Profil Pelajar Pancasila, Batik Jumputan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 16 May 2025 01:44
Last Modified: 16 May 2025 01:44
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83621

Actions (login required)

View Item View Item