Pengaruh Penggunaan Mentimeter pada Pembelajaran Cooperative Tipe Team Games Turnamen (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama dan Capaian Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Sukadana Kalimantan Barat

Radianti, Ita (2024) Pengaruh Penggunaan Mentimeter pada Pembelajaran Cooperative Tipe Team Games Turnamen (TGT) untuk Meningkatkan Kemampuan Bekerja Sama dan Capaian Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gelombang Bunyi Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Sukadana Kalimantan Barat. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T2_2107041002_JUDUL__240325042534.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T2_2107041002_BAB_I__240325042534.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T2_2107041002_BAB_II__240325042534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T2_2107041002_BAB_III__240325042534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T2_2107041002_BAB_IV__240325042534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T2_2107041002_BAB_V__240325042534.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T2_2107041002_DAFTAR_PUSTAKA__240325042534.pdf

Download (188kB)

Abstract

Pembelajaran yang masih berpusat pada guru serta kurangnya penerapan TIK
menyebabkan pembelajaran menjadi membosankan, peserta didik cenderung diam,
kemampuan bekerjasama peserta didik tergolong rendah, sehingga menyebabkan
capaian hasil belajar juga rendah, oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1)
mendeskripsikan bahwa model pembelajaran cooperative TGT dengan bantuan
mentimeter dapat meningkatkan capaian hasil belajar dan kemampuan bekerjasama
peserta didik secara simultan pada materi gelombang bunyi dikelas XI MIPA SMAN
2 Sukadana. (2) mengungkap bahwa model pembelajaran cooperative TGT dengan
bantuan mentimeter efektif dalam meninngkatkan kemampuan bekerjasama dan
capaian hasil belajar peserta didik pada materi gelombang bunyi dikelas XI MIPA
SMAN 2 Sukadana.
Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu
kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran cooperative TGT dengan
bantuan mentimeter dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran
cooperative TGT tanpa bantuan mentimeter. Populasi penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Sukadana yang berjumlah empat kelas.
Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan cara
pengundian, yang menghasilkan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas
XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
pretest dan posttest terhadap capaian hasil belajar dan teknik observasi pada
kemampuan bekerjasama. Analisa data dilakukan dengan menggunakan uji Manova
dan keefektifannya yang diungkapkan dengan perhitungan effek size (ES).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) implementasi model pembelajaran
cooperative TGT dengan bantuan mentimeter dapat meningkatkan kemampuan
bekerjasama dan capaian hasil belajar dengan standar gain secara berurut-turut 81,00�n 70,8�lam kategori cukup tinggi. (2) penggunaan model cooperative TGT
dengan bantuan mentimeter tergolong sangat efektif dalam meningkatkan
kemampuan bekerjasama dan capaian hasil belajar dengan nilai kriteria efek size
Cohen’s secara berturut-turut d = 1,191 dan d = 2,19 dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Keyword: Cooperative learning TGT, mentimeter, capaian hasil belajar, kemampuan bekerjasama
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S2-Masters in Physics Education (S2-Pendidikan Fisika)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 19 May 2025 01:30
Last Modified: 19 May 2025 01:30
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83670

Actions (login required)

View Item View Item