Larasati, Desy Widya (2023) Analisis Profiling Mahasiswa yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Tahun Ke-3 Perkuliahan Menggunakan Metode Decision Tree (Studi Kasus Mahasiswa Semester 5 dan 6 Program Studi Teknik Industri UAD Angkatan 2017-2019). S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1800019086_JUDUL__230201015002.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1800019086_BAB_I__230201015002.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1800019086_BAB_II__230201015002.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1800019086_BAB_III__230201015002.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1800019086_BAB_IV__230201015002.pdf Restricted to Registered users only Download (884kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1800019086_BAB_V__230201015002.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1800019086_DAFTAR_PUSTAKA__230201015002.pdf Download (146kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1800019086_LAMPIRAN__230201015002.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Indeks Prestasi Semester (IPS) merupakan salah satu bentuk nilai hasil capaian belajar mahasiswa selama satu semester. Pada tahun ketiga perkuliahan merupakan tahun krusial, yang dimana pada tahun ini mahasiswa banyak mempelajari materi perhitungan yang berfokus pada Teknik Industri. Pihak Program Studi perlu melakukan pemetaan mengenai profiling faktor-faktor yang mempengaruhi tinggi-rendahnya nilai IPS. Faktor yang mempengaruhi antara lain faktor internal, dukungan lingkungan sosial, latar belakang orang tua, dan kegiatan luang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinggi-rendahnya nilai IPS berdasarkan faktor-faktor yang telah ditentukan pada mahasiswa Program Studi Teknik Industri Universitas Ahmad Dahlan angkatan 2017 – 2019.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Decision Tree dengan bantuan Software RStudio version 4.1.1 untuk membangkitkan pohon keputusan dengan metode klasifikasi. Data yang digunakan merupakan data mahasiswa Teknik Industri UAD dari angkatan 2017 sebanyak 83 mahasiswa, angkatan 2018 sebanyak 150 mahasiswa, dan angkatan 2019 sebanyak 106 mahasiswa. Variabel yang digunakan pada penelitian ini yaitu dukungan orang tua, tingkat pendapatan orang tua, pendidikan terakhir orang tua, dukungan pertemanan, organisasi, bekerja, waktu kegiatan bermain game, bermain social media, dan menonton film/series. Selain itu, terdapat nilai mata kuliah berbasis industrial engineering science pada semester 5 dan 6.
Hasil pengolahan data berdasarkan output software RStudio menjelaskan bahwa faktor yang mempengaruhi mahasiswa dalam capaian nilai IPS berdasarkan akar pohon keputusan IP Semester 5 angkatan 2017–2018 yaitu mata kuliah Pengendalian dan Penjaminan Mutu dengan akurasi sebesar 83,05%, sedangkan angkatan 2019 yaitu Pendapatan Orang Tua dengan akurasi sebesar 81,48%. Kemudian, berdasarkan IP Semester 6 angkatan 2017–2018 yaitu mata kuliah Simulasi Komputer dengan akurasi sebesar 98,31%, sedangkan pada angkatan 2019 yaitu mata kuliah Simulasi Komputer dengan akurasi sebesar 81,48%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Indeks Prestasi Mahasiswa (IPS), Klasifikasi Faktor, Nilai Mata Kuliah, Pohon Keputusan (Decision Tree), Profiling |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 23 May 2025 03:35 |
Last Modified: | 23 May 2025 03:35 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83752 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |