Implementasi Program Pendidikan Boarding School dalam Pembinaan Karakter Religius Santri di Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman

Satiawati, Ardhia (2023) Implementasi Program Pendidikan Boarding School dalam Pembinaan Karakter Religius Santri di Asrama Al-Uswah MAN 1 Sleman. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900031291_JUDUL__230911113241.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900031291_BAB_I__230911113241.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900031291_BAB_II__230911113241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900031291_BAB_III__230911113241.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900031291_BAB_IV__230911113242.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900031291_BAB_V__230911113242.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900031291_DAFTAR_PUSTAKA__230911113242.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya perubahan karakter yang terjadi di tengah masyarakat yang sangat mengkhawatirkan terutama para pelajar saat ini. Adanya program pendidikan boarding school dapat menjadi salah satu solusi mengatasi perubahan tersebut. Boarding school merupakan sekolah berasrama yang sumber dayanya tinggal menyatu dengan seluruh kegiatan asrama sampai masa studinya selesai. Melalui pengawasan dan pembinaan dari guru bina yang
berdasarkan pada nilai ketuhanan dapat membentuk pribadi yang berkarakter religius. Tujuan dari penelitian yaitu mengetahui gambaran umum karakter religius santri Al-Uswah, mengetahui implementasi program pendidikan program boarding school dalam pembinaan karakter religius santri di asrama Al-Uswah dan mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaitif deskriptif dengan jenis penelitian penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran umum karakter santri yang sarat akan nilai-nilai religius adalah cinta A-Qur’an, bertanggung jawab, kedisiplinan, kemandirian dan tawadu’. (2) Implementasi program pendidikan boarding school dalam pembinaan karakter religius santri di asrama Al-Uswah dibagi menjadi tiga: (a) Perencanaan: penentuan visi, misi dan tujuan, membuat tim kecil untuk menentukan acuan dan panduan pengelolaan, mempresentasikan ke pengurus-pengurus asrama kemudian mensosialisasikan ke siswa di sekolah atau madrasah. (b) Pelaksanaan: memberikan pembinaan ubudiyah, penguatan karakter religius melalui kegiatan keagamaan dan penegakkan kebiasaan disiplin santri. (c)
Evaluasi: evaluasi mingguan dan evaluasi semesteran (3) Faktor pendukung implementasi program pendidikan boarding school yaitu dukungan dari madrasah,
bapak ibu guru dan masyarakat sekitar serta motivasi dalam diri santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan biaya sehingga sarana prasarana minim,
padatnya kegiatan santri dan kurangnya pendamping di asrama.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Boarding School, Karakter Religius
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Islamic Studies (Fakultas Agama Islam) > Faculty of Islamic Studies (FAI) Doc
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 24 May 2025 03:09
Last Modified: 24 May 2025 03:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83813

Actions (login required)

View Item View Item