Purnamasari, Reina Ashly (2023) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Canva pada Materi Perubahan Wujud Benda bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005148_JUDUL__231219032614.pdf Download (545kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005148_BAB_I__231219032614.pdf Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005148_BAB_II__231219032614.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005148_BAB_III__231219032614.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005148_BAB_IV__231219032614.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005148_BAB_V__231219032614.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005148_DAFTAR_PUSTAKA__231219032614.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005148_LAMPIRAN__231219032614.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1900005148_NASKAH_PUBLIKASI__231219032614.pdf Download (279kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran di kelas belum memaksimalkan media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan dan kelayakan multimedia pembelajaran berbantuan Canva pada perubahan wujud benda bagi siswa kelas V sekolah dasar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analysis, peneliti mengumpulkan informasi dengan melakukan observasi dan wawancara mengenai analisis kurikulum, analisis kebutuhan, dan analisis jenis media pembelajaran. Pada tahap design, peneliti menyusun instrumen penilaian kelayakan multimedia pembelajaran, membuat flowchart dan storyboard. Pada tahap development, peneliti membuat produk berupa multimedia pembelajaran berbantuan Canva, dan membuat lembar penilaian kemudian melakukan pengujian produk dengan melibatkan ahli media, materi, pembelajaran di Universitas Ahmad Dahlan, serta respon siswa kelas V SD Negeri Mojosari. Pada tahap implementation, peneliti tidak melakukan tahap ini karena hanya sampai di uji kelayakan. Pada tahap evaluation, peneliti menganalisis setiap tahapan penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menujukkan bahwa multimedia pembelajaran berbantuan Canva dikembangkan dengan mereduksi model pengembangan Robert Mariabe Branch dengan pendekatan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Multimedia pembelajaran berbantuan Canva layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi perubahan wujud benda kelas V SD, berdasarkan hasil penilaian dari ahli media diperoleh nilai 94 dengan kategori “Baik Sekali”, ahli materi 98 dengan kategori “Baik Sekali”, ahli pembelajaran 86 dengan kategori “Baik Sekali”, dan penilaian respon siswa 96 dengan kategori “Baik Sekali”. Berdasarkan data tersebut diperoleh penilaian rata-rata keseluruhanya 95 dengan kategori “Baik Sekali”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Multimedia Pembelajaran, Canva, Perubahan Wujud Benda. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 24 May 2025 03:07 |
Last Modified: | 24 May 2025 03:07 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/83822 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |