Strategi Pendidikan Karakter Nasionalisme Berbasis Budaya Sekolah di Satuan Pendidikan Dasar

Janah, Khoirum Miftahul (2023) Strategi Pendidikan Karakter Nasionalisme Berbasis Budaya Sekolah di Satuan Pendidikan Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005252_JUDUL__230904063144.pdf

Download (10MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005252_BAB_I__230904063144.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005252_BAB_II__230904063144.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005252_BAB_III__230904063144.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005252_BAB_IV__230904063144.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005252_BAB_V__230904063346.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005252_DAFTAR_PUSTAKA__230904063346.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005252_LAMPIRAN__230904063346.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Nasionalisme merupakan sikap, dan tindakan yang menunjukkan kecintaan, kesetiaan, dan pengabdian terhadap bangsa dan Negara. Oleh karenanya pendidikan karakter nasionalisme ini sangat penting di berikan kepada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Mendeskripsikan strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di satuan pendidikan dasar. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah di satuan pendidikan dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian mengenai strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah di satuan pendidikan dasar. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah di satuan pendidikan dasar SD N Kotagede 3 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Notoprajan dilakukan melakukan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Diketahui juga bahwa SDN Kotagade 3 Yogyakarta menggunakan strategi budaya sekolah menyanyikan lagu nasional pada pukul 10.00 WIB, SEMUTLIS, dan menggunakan pakaian batik daerah sebagai strategi meningkatkan pendidikan karakter nasionalisme. SD Muhammadiyah Notoprajan menggunakan startegi budaya sekolah melalui kegiatan MPLS nasional, membunyikan lagu nasional pada saat istirahat dan melakukan kegitan menyanyikan lagu nasional sebeum ataupun sesudah kegitan pembelajaran. Faktor pendukung ada dari warga sekolah, orang tua, dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat dari sarana dan prasarana, kurangnya kesadaran, kurangnya semangat dan adata ataupun kebiasaan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Pendidikan Karakter, Karakter Nasionalisme, Budaya Sekolah,Sekolah Dasar
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Jun 2025 05:23
Last Modified: 05 Jun 2025 05:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84047

Actions (login required)

View Item View Item