Janah, Khoirum Miftahul (2023) Strategi Pendidikan Karakter Nasionalisme Berbasis Budaya Sekolah di Satuan Pendidikan Dasar. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900005252_JUDUL__230904063144.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900005252_BAB_I__230904063144.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900005252_BAB_II__230904063144.pdf Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900005252_BAB_III__230904063144.pdf Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900005252_BAB_IV__230904063144.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900005252_BAB_V__230904063346.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005252_DAFTAR_PUSTAKA__230904063346.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1900005252_LAMPIRAN__230904063346.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Nasionalisme merupakan sikap, dan tindakan yang menunjukkan kecintaan, kesetiaan, dan pengabdian terhadap bangsa dan Negara. Oleh karenanya pendidikan karakter nasionalisme ini sangat penting di berikan kepada peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk. 1) Mendeskripsikan strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah dalam meningkatkan karakter peserta didik di satuan pendidikan dasar. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah di satuan pendidikan dasar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Objek penelitian mengenai strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah di satuan pendidikan dasar. Uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dengan cara pengumpulan data menggunakan Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pendidikan karakter nasionalisme berbasis budaya sekolah di satuan pendidikan dasar SD N Kotagede 3 Yogyakarta dan SD Muhammadiyah Notoprajan dilakukan melakukan 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Diketahui juga bahwa SDN Kotagade 3 Yogyakarta menggunakan strategi budaya sekolah menyanyikan lagu nasional pada pukul 10.00 WIB, SEMUTLIS, dan menggunakan pakaian batik daerah sebagai strategi meningkatkan pendidikan karakter nasionalisme. SD Muhammadiyah Notoprajan menggunakan startegi budaya sekolah melalui kegiatan MPLS nasional, membunyikan lagu nasional pada saat istirahat dan melakukan kegitan menyanyikan lagu nasional sebeum ataupun sesudah kegitan pembelajaran. Faktor pendukung ada dari warga sekolah, orang tua, dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat dari sarana dan prasarana, kurangnya kesadaran, kurangnya semangat dan adata ataupun kebiasaan peserta didik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pendidikan Karakter, Karakter Nasionalisme, Budaya Sekolah,Sekolah Dasar |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 05:23 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 05:23 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |