Pengembangan Media Film Pendek pada Materi Teks Cerpen untuk Siswa Kelas XI SMK

Ariyani, Alfina Dwi (2024) Pengembangan Media Film Pendek pada Materi Teks Cerpen untuk Siswa Kelas XI SMK. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1800003124_JUDUL__240104112230.pdf

Download (913kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1800003124_BAB_I__240104112230.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1800003124_BAB_II__240104112230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1800003124_BAB_III__240104112230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1800003124_BAB_IV__240104112230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1800003124_BAB_V__240104112230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1800003124_DAFTAR_PUSTAKA__240104112230.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1800003124_LAMPIRAN__240104112230.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
T1_1800003124_NASKAH_PUBLIKASI__240104112230.pdf

Download (311kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan penggunakan media saat pembelajaran di kelas. Kurangnya variasi media pembelajaran mengakibatkan banyak kendala dalm proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan, pengembangan media film pendek dalam pembelajaran materi teks cerpen pada siswa kelas XI SMK memiliki tujuan untuk (1) mengembangkan media film pendek untuk media pembelajaran di dalam kelas pada materi teks cerpen kelas XI SMK; (2) mendeskripsikan kelayakan pengembangan media pembelajaran menggunakan film pendek pada materi teks cerpen untuk siswa kelas XI SMK; (3) mendeskripsiskan implementasi media pembelajaran menggunakan film pendek pada materi teks cerpen untuk siswa kelas XI SMK.

Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan menempuh lima tahapan yakni (a) Analysis atau analisis; (b) Design atau desain; (c) Development atau pengembangan; (d) Implementation atau implementasi; (e) Evaluation atau evaluasi. Pengumoulan data dilakukan dengan kegiatan observasi, wawancara, dan pengisian angket. Intrumen data pada penelitian ini berupa intrumen wawancara dan lembar angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis kuantitaif untuk mengetahui kelayakan produk.

Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa produk film pendek dikategorikan “Sangat Layak’ digunakan dengan prolehan skor rata-rata sebesar 86,4. Hasil dicantumin yang banyak. Hasil dari pengolahan skor validasi ahli materi sebesar 80 yang dikategorikan “Layak”. Pengolahan skor validasi ahli media sebesar 98 dan termasuk kategori “Sangat Layak”. Hasil pengolahan skor validasi ahli pengajarang sebesar 80 yang dikategorikan “Layak”. Skor yang dihasilkan dari pengolahan uji coba skala kecil pada peserta didik sebesar 87,7 dan termasuk kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: media pembelajaran, film pendek, teks cerpenasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1993 Motion Pictures
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Indonesian Language and Literature Education (S1-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 05 Jun 2025 06:17
Last Modified: 05 Jun 2025 06:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84054

Actions (login required)

View Item View Item