Rahma, Awalia (2025) Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Kesepian terhadap Nomophobia pada Peserta Didik Kelas XI di SMA Negri 5 Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_2100001116_JUDUL__250602094302.pdf Download (790kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_2100001116_BAB_I__250528100508.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_2100001116_BAB_II__250528100508.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_2100001116_BAB_III__250602094302.pdf Restricted to Registered users only Download (887kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_2100001116_BAB_IV__250602094302.pdf Restricted to Registered users only Download (436kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_2100001116_BAB_V__250602094302.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_2100001116_DAFTAR_PUSTAKA__250602094302.pdf Download (206kB) |
![]() |
Text (SURAT KETERANGAN CEK KESAMAAN KATA)
T1_2100001116_SURAT_KETERANGAN_CEK_KESAMAAN_KATA__250602084753.pdf Download (254kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi yang pesat turut mempengaruhi perilaku remaja, khususnya dalam penggunaan smartphone yang berlebihan. Kemajuan teknologi ini berbanding lurus dengan kesepian yang dirasakan remaja. Oleh karena itu, penggunaan smartphone yang berlebihan dan rasa kesepian dipandang berdampak pada munculnya gejala psikologis seperti nomophobia, yakni ketakutan berlebihan ketika jauh dari ponsel. Fenomena ini juga ditemui pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 5 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas penggunaan smartphone terhadap nomophobia pada peserta didik, pengaruh kesepian terhadap nomophobia pada peserta didik, dan seberapa besar pengaruh intensitas penggunaan smartphone dan kesepian terhadap nomophobia.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan melalui penyebaran skala psikologis kepada peserta didik, yang terdiri dari skala intensitas penggunaan smartphone, skala kesepian, dan skala nomophobia. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 261 peserta didik, 36 peserta didik dijadikan uji validitas dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling, dan 225 peserta didik yang digunakan sebagai sampel pada penelitian ini. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda untuk melihat hubungan antar variabel yang diteliti.
Hasil analisis menunjukkan bahwa intensitas penggunaan smartphone dan kesepian memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nomophobia secara bersamaan. Selain itu, masing-masing variabel juga memberikan kontribusi secara mandiri. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa semakin sering peserta didik menggunakan ponsel pintar dan semakin tinggi tingkat kesepian yang dirasakan, maka kecenderungan mengalami nomophobia pun meningkat. Penelitian ini merekomendasikan agar pihak sekolah, khususnya guru bimbingan dan konseling, lebih aktif dalam memberikan edukasi serta pendampingan guna mencegah dan mengatasi masalah terkait nomophobia di kalangan remaja melalui layanan konseling individu dengan Teknik kontrak perilaku.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | smartphone, nomophobia, dan kesepian |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology H Social Sciences > HM Sociology L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Guidance Counseling (S1-Bimbingan Konseling) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 06:21 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 06:21 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |