Yohana, Rivaldi Dwi (2024) Analisis dan Strategi Pemasaran pada Produk Sandal Menggunakan Metode SWOT dan QSPM. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1900019087_JUDUL__240920085035.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1900019087_BAB_I__240920085035.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1900019087_BAB_II__240920085035.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1900019087_BAB_III__240920085035.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1900019087_BAB_IV__240920085035.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1900019087_BAB_V__240920085035.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1900019087_DAFTAR_PUSTAKA__240920085035.pdf Download (156kB) |
Abstract
UMKM Subandi Collection merupakan sebuah usaha di bidang industri sandal yang berlokasi di Kota Yogyakarta dan telah beroperasi dalam jangka waktu yang lama. Namun, pada tahun 2023, UMKM Subandi Collection mengalami penurunan omzet yang signifikan. Selain itu, perusahaan ini menghadapi kendala serius berupa tidak adanya strategi pemasaran yang jelas karena masih mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dan dapat membantu UMKM Subandi Collection berkembang lebih lanjut di masa depan.
Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk melihat berbagai faktor internal dan eksternal perusahaan dalam merumuskan strategi alternatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, pengisian kuesioner, dokumentasi untuk mengembangkan strategi baru bagi UMKM Subandi Collection. Strategi yang dihasilkan dari analisis SWOT kemudian dianalisis lebih lanjut dengan metode QSPM untuk menentukan strategi prioritas. Metode QSPM digunakan sebagai alat untuk menetapkan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan faktor internal pada kekuatan yaitu kerjasama dengan toko lokal, sudah menggunakan pemasaran online, bahan baku mudah diperoleh, karyawan yang terlatih. Pada aspek kelemahan didapatkan kurangnya tenaga kerja dibagian admin. pembukuan keuangan yang masih sederhana, promosi masih kurang efektif, kurangnya keterampilan teknologi digital marketing. Faktor eksternal pada peluang yaitu perkembangan digital marketing yang pesat, promosi melalui turisme dan event budaya, menjalin kerjasama dengan hotel daan resor sebagai penyedia souvenir, penjualan melalui situs wisata. Pada aspek ancaman yaitu banyaknya pesaing, pesaing mempunyai inovasi produk baru, konsumen yang beralih ke perusahaan lain. Dari faktor-faktor tersebut didapatkan strategi prioritas yaitu melakukan pelatihan teknologi untuk meningkatkan keterampilan dalam digital marketing dengan mendapatkan Total Attractive Score (TAS) sebesar 6,531 Nilai tersebut didapatkan berdasarkan perhitungan matriks QSPM.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Analisis SWOT, Metode QSPM, Strategi Pemasaran |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:37 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:37 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |