Utami, Agtari Dwi (2023) Efektivitas Pembelajaran STEM terhadap Kemampuan Problem Solving Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Serut. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text (JUDUL)
T1_1600005302_JUDUL__230525092348.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text (BAB I)
T1_1600005302_BAB_I__230525092348.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text (BAB II)
T1_1600005302_BAB_II__230525092348.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
T1_1600005302_BAB_III__230525092348.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
T1_1600005302_BAB_IV__230525092348.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
T1_1600005302_BAB_V__230525092348.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) | Request a copy |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
T1_1600005302_DAFTAR_PUSTAKA__230525092348.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
T1_1600005302_LAMPIRAN__230525092348.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
T1_1600005302_NASKAH_PUBLIKASI__230525092348.pdf Download (816kB) |
Abstract
Kemampuan problem solving atau pemecahan masalah merupakan hal yang penting bagi siswa dalam menghadapi tantangan abad 21. Pembelajaran berbasis Science, Technology, Engineering, & Mathematics atau STEM fokus pada keterlibatan siswa dalam mendefinisikan dan merumuskan pemecahan masalah yang dihadapi. Penggunaan pendekatan STEM diharapkan dapat meningkatkan kemampuan problem solving siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran STEM terhadap kemampuan problem solving siswa kelas II SD Muhammadiyah Serut.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Design yang digunakan non-equivalent control group design dengan sampel sebanyak 54 siswa yang terbagi menjadi kelas kontrol dan kelas kelas eksperimen dengan masing-masing kelas sebanyak 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian berupa soal tes (pretest dan posttest) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prayarat normalitas, homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji-t dan uji n-gain.
Hasil perhitungan uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0.003 yang bernilai kurang dari 0.05 sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan problem solving antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan STEM dan teacher-centered. Nilai rata-rata N-gain score kelas eksperimen adalah 0,41. Dari analisis uji N-gain score dapat diketahui bahwa efektivitas pembelajaran STEM dengan water filter masuk kategori sedang dalam meningkatkan kemampuan problem solving siswa kelas II pada pembelajaran tematik tema 4 subtema 4 di SD Muhammadiyah Serut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keyword: | Pembelajaran Tematik, Problem Solving, STEM. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | userperpus2 userperpus2 |
Date Deposited: | 14 Jun 2025 02:39 |
Last Modified: | 14 Jun 2025 02:39 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84170 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |