Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan PjBL di SD Muhammadiyah Suronatan

Handrayani, Legi (2023) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan PjBL di SD Muhammadiyah Suronatan. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005192_JUDUL__230915122601.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005192_BAB_I__230915122601.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005192_BAB_II__230915122601.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005192_BAB_III__230915122601.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005192_BAB_IV__230915122601.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005192_BAB_V__230915122601.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005192_DAFTAR_PUSTAKA__230915122601.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
T1_1900005192_LAMPIRAN__230915122601.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Desain penelitian ini dilakukan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action) & pengamatan (observe), dan refleksi (reflect). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI B SD Muhammadiyah Suronatan yang berjumlah 20 peserta didik yang terdiri dari 11 peserta didik laki-laki dan 9 peserta didik perempuan. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei-Agustus 2023.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA tema 1 selamatkan makhluk hidup subtema 2 hewan sahabatku dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) yaitu berhasil meningkat hasil belajar pretest peserta didik sebanyak 40% pada siklus I dan 85% siklus II dengan kriteria baik. Sedangkan hasil belajar posttest peserta didik menunjukkan peningkatan sebanyak 75% siklus I dan 95% siklus II dengan kriteria sangat baik.
Peningkatan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA tema 1 selamatkan makhluk hidup subtema 2 hewan sahabatku dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL) meningkat 55,8% pada siklus I dan meningkat menjadi 88,3% pada siklus II dengan kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Berpikir Kritis, Project Based Learning, Mata Pelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jun 2025 03:37
Last Modified: 14 Jun 2025 03:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84185

Actions (login required)

View Item View Item