Realisasi Kemampuan Literasi Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SD Negeri Mandisari

Rahmadhani, Sabilla Wahyu (2023) Realisasi Kemampuan Literasi Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 2 di SD Negeri Mandisari. S1 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of JUDUL] Text (JUDUL)
T1_1900005116_JUDUL__231212091624.pdf

Download (788kB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
T1_1900005116_BAB_I__231211122135.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
T1_1900005116_BAB_II__231211122135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
T1_1900005116_BAB_III__231211122135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
T1_1900005116_BAB_IV__231211122135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
T1_1900005116_BAB_V__231211122135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
T1_1900005116_BAB_VI__231211122135.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
T1_1900005116_DAFTAR_PUSTAKA__231211122135.pdf

Download (215kB)

Abstract

Literasi merupakan salah satu kebutuhan terpenting setiap orang. Seorang siswa dengan keterampilan membaca yang baik dapat memahami informasi yang disampaikan dan diterima secara mandiri. Untuk meningkatkan kemampuan literasi belajar siswa sangat dibutuhkan pada kalangan dasar. Upaya yang diperlukan untuk penanaman literasi yaitu dalam bentuk pembiasan siswa membaca kebiasaan ini berkaitan dengan kegiatan membaca non-buku pelajaran selama 15 menit sebelum pembelajar dimulai. Penelitian ini tentang kemampuan literasi membaca pada Sekolah Dasar Negeri Mandisari yang merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian memaparkan apa adanya tentang kemampuan literasi membaca di Sekolah Dasar Negeri Mandisari.
Penelitian ini tentang kemampuan literasi membaca di Sekolah Dasar Negeri Mandisari yang merupakan penelitian kualitatif yaitu jenis penelitian memaparkan apa adanya tentang kemampuan literasi membaca di Sekolah Dasar Negeri Mandisari. Tempat yang dipilih dalam penelitian ini akan dilaksanakan di SD Negeri Mandisari. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data,penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program literasi membaca di SD Negeri Mandisari dengan tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Program ini mencakup penggunaan metode pembelajaran SAS (Situasi, Aksi, Saran) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, peningkatan fasilitas literasi seperti pojok baca, taman baca, mading, serta upaya khusus untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan membaca melalui layanan lambat baca dan bimbingan belajar. Penelitian ini memberikan implikasi penting dalam upaya pengembangan literasi di tingkat dasar. Program literasi membaca di SD Negeri Mandisari efektif dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas 2. Untuk peningkatan berkelanjutan, disarankan agar sekolah terus mendukung program-program literasi ini dan meningkatkan kolaborasi dengan orang tua siswa. Dapat disimpulkan bahwa program literasi membaca di SD Negeri Mandisari telah berhasil dalam mengembangkan kemampuan membaca siswa kelas 2.

Item Type: Thesis (S1)
Keyword: Literasi Membaca, Minat Baca, Pembelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: userperpus2 userperpus2
Date Deposited: 14 Jun 2025 03:47
Last Modified: 14 Jun 2025 03:47
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84187

Actions (login required)

View Item View Item