Manajemen Kurikulum Kejuruandalam Meningkatkan Kompetensi Siswadi SMKProgram KeahlianPerhotelan

Sudarsono, Bambang and Suyatno, Suyatno Manajemen Kurikulum Kejuruandalam Meningkatkan Kompetensi Siswadi SMKProgram KeahlianPerhotelan. Permasalahan utama dalam pendidikan kejuruan adalah bagaimana memastikan kurikulum yang diterapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan tuntutan industri. Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, tantangan utamanyaadalah menyelar.

[thumbnail of Manajemen Kurikulum Kejuruandalam Meningkatkan Kompetensi Siswadi SMKProgram KeahlianPerhotelan] Text (Manajemen Kurikulum Kejuruandalam Meningkatkan Kompetensi Siswadi SMKProgram KeahlianPerhotelan)
1792-Article Text-12319-1-10-20250615 (1).pdf

Download (544kB)

Abstract

Permasalahan utama dalam pendidikan kejuruan adalah bagaimana memastikan kurikulum yang diterapkan dapat meningkatkan kompetensi lulusan sesuai dengan tuntutan industri. Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan, tantangan utamanyaadalah menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri perhotelan agar lulusan memiliki keterampilan yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum kejuruan dalam meningkatkan kompetensi siswa pada program keahlian perhotelan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara dengan waka kurikulum, ketua program keahlian, guru, dan siswa, serta analisis dokumen kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum di sekolah ini melibatkan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri. Kurikulum dirancang melalui kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) untuk memastikan relevansi materi dengan pasar kerja. Pelaksanaan pembelajaran berbasis praktik, seperti Praktik Kerja Lapangan (PKL) dan sertifikasi kompetensi melalui LSP P1bertujuanmembekali siswa dengan keterampilan teknis dan soft skills. Evaluasi dilakukan secara formatif dan sumatif untuk mengukur perkembangan siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa penerapan manajemen kurikulum berbasis kolaborasi dengan industri berkontribusi dalam menghasilkan lulusan yang kompeten. Rekomendasi penelitian ini adalah meningkatkan kerja sama dengan industri perhotelan, terutama dalam aspek pemanfaatan teknologi informasi guna mendukung pembelajaran dan sertifikasi kompetensi siswa.Kata kunci:Manajemen Kurikulum, Kompetensi, Perhotelan, SMK

Item Type: Artikel Umum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > FKIP Doc
Depositing User: Dr Bambang Sudarsono
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:12
Last Modified: 22 Jul 2025 03:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/84955

Actions (login required)

View Item View Item