Rizky, Muhammad Rafi Fajar and Nurnugroho, Burhanudin Arif and Andriyani, Andriyani (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Mahasiswa. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
![]() |
Text
T2_2308050011_Judul.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_BAB I.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_BAB II.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_BAB III.pdf Download (281kB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_BAB IV.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_BAB V.pdf Download (84kB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_Daftar Pustaka.pdf Download (115kB) |
![]() |
Text
T2_2308050011_Lampiran.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
CEK_TURNITIN.pdf Download (390kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematika dan self-efficacy mahasiswa pendidikan matematika, khususnya pada materi Statistika Deskriptif, yang sering dianggap sulit karena memerlukan keterampilan analisis data dan interpretasi yang mendalam. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis Problem-based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika dan self-efficacy mahasiswa. Manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan alternatif media pembelajaran inovatif bagi dosen dan mahasiswa, sekaligus menjadi referensi dalam pengembangan bahan ajar berbasis teknologi dan model PBL. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek uji coba melibatkan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon mahasiswa, serta tes literasi matematika dan skala self-efficacy. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata validasi 85,42% (ahli materi) dan 86,25% (ahli media). Uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 87,5% dari mahasiswa dan 88,33% dari dosen, sehingga termasuk kategori sangat praktis. Uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan signifikan literasi matematika mahasiswa dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,73 (kategori tinggi) serta peningkatan skor self-efficacy rata-rata sebesar 21,45 poin. Dengan demikian, e-modul ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika dan self-efficacy mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan statistika deskriptif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisi / Prodi: | Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Muhammad Rafi Fajar Rizky |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:05 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:05 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/86239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |