Pengembangan E-Modul Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Mahasiswa

Rizky, Muhammad Rafi Fajar and Nurnugroho, Burhanudin Arif and Andriyani, Andriyani (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Self-Efficacy Mahasiswa. S2 thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T2_2308050011_Judul.pdf] Text
T2_2308050011_Judul.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of T2_2308050011_BAB I.pdf] Text
T2_2308050011_BAB I.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of T2_2308050011_BAB II.pdf] Text
T2_2308050011_BAB II.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of T2_2308050011_BAB III.pdf] Text
T2_2308050011_BAB III.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of T2_2308050011_BAB IV.pdf] Text
T2_2308050011_BAB IV.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of T2_2308050011_BAB V.pdf] Text
T2_2308050011_BAB V.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of T2_2308050011_Daftar Pustaka.pdf] Text
T2_2308050011_Daftar Pustaka.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of T2_2308050011_Lampiran.pdf] Text
T2_2308050011_Lampiran.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of CEK_TURNITIN.pdf] Text
CEK_TURNITIN.pdf

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya literasi matematika dan self-efficacy mahasiswa pendidikan matematika, khususnya pada materi Statistika Deskriptif, yang sering dianggap sulit karena memerlukan keterampilan analisis data dan interpretasi yang mendalam. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul berbasis Problem-based learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literasi matematika dan self-efficacy mahasiswa. Manfaat penelitian diharapkan dapat memberikan alternatif media pembelajaran inovatif bagi dosen dan mahasiswa, sekaligus menjadi referensi dalam pengembangan bahan ajar berbasis teknologi dan model PBL. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D yang meliputi tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Subjek uji coba melibatkan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi ahli, angket respon mahasiswa, serta tes literasi matematika dan skala self-efficacy. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata validasi 85,42% (ahli materi) dan 86,25% (ahli media). Uji kepraktisan memperoleh skor rata-rata 87,5% dari mahasiswa dan 88,33% dari dosen, sehingga termasuk kategori sangat praktis. Uji keefektifan menunjukkan adanya peningkatan signifikan literasi matematika mahasiswa dengan nilai gain ternormalisasi sebesar 0,73 (kategori tinggi) serta peningkatan skor self-efficacy rata-rata sebesar 21,45 poin. Dengan demikian, e-modul ini terbukti mampu meningkatkan kemampuan literasi matematika dan self-efficacy mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan statistika deskriptif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Master (Magister) > Magister Pendidikan Matematika
Depositing User: Muhammad Rafi Fajar Rizky
Date Deposited: 25 Aug 2025 07:05
Last Modified: 25 Aug 2025 07:05
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/86239

Actions (login required)

View Item View Item