Bagus Sudewo, Egi Dio and Sriviana Fatmawaty, Virdiana and Al Baqir, Mufaddal and Murinto, Murinto and Fadlil, Abdul (2024) Penyuluhan Karir di Era Industri: Menjadi Praktisi atau Akademisi (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo). [Artikel Dosen]
![]() |
Text
PAPERPKM_2307048003_EGIDIOBAGUSSUDEWO_removed.pdf - Published Version Download (717kB) |
Abstract
Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penyuluhan karir terhadap pilihan profesi siswa di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo,
Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Masalah utama yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman siswa tentang pilihan karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan potensi mereka apakah mereka ingin menjadi seorang praktisi atau akademi. PKM ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak penyuluhan karir terhadap pemahaman siswa tentang pilihan profesi. Metode penyuluhan yang digunakan meliputi penyuluhan terstruktur melalui presentasi dan diskusi, sesi tanya jawab, dan penggunaan media digital. Hasil kuisioner awal menunjukkan mayoritas siswa belum memutuskan karir. Setelah penyuluhan, terjadi perubahan signifikan: 13
siswa memilih menjadi praktisi di bidang teknologiinformasi, 6 siswa cenderung ingin menjadi praktisi, 5 siswa cenderung memilih karir sebagai akademisi, 4 siswa pasti ingin menjadi akademisi, dan hanya 2 siswa yang masih belum memutuskan. Penyuluhan ini terbukti
memperluas wawasan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam menentukan masa depan karir mereka. PKM ini menunjukkan bahwa penyuluhan karir yang efektif sangat penting dalam membantu siswa SMK menentukan pilihan karir yang sesuai
Item Type: | Artikel Dosen |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Informatics Engineering (S1-Teknik Informatika) |
Depositing User: | murinto murinto |
Date Deposited: | 26 Aug 2025 06:15 |
Last Modified: | 26 Aug 2025 06:15 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/86522 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |