Aktualisasi Nilai-nilai Profetik dalam Pembelajaran PPKn

Nurhadi, Nurhadi (2017) Aktualisasi Nilai-nilai Profetik dalam Pembelajaran PPKn. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 31-36 Nurhadi.pdf]
Preview
Text
31-36 Nurhadi.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Permasalahan bangsa terkait dekadensi moral perlu diperhatian oleh lembaga pendidiakan pendidikan perlu mengkaji terkait bagaiamana pembelajaran berlansung, pembelajaran yang selama ini kurang inovatif, transfer pengetahuan saja, terpusat pada guru, siswa kurang aktif dan tidak membawa peserta didik dalam pengalaman yang nyata serta memberikan kesan bahwa praktek dan proses pendidikan sudah tidak memnuhi kebutuhan yang ada. perlu adanya proses pendidikan saat ini belum mampu memberikan kontribusi yang efektif dalam pemecahan masalah. Salah satu alternatif yang penulis kemukakan ialah menghidupkan kembali nilai kenabian (nilai profetik). Nilai profetik sangat sesuai apabila diterapkan dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan. Pkn merupakan mata pelajaran yang menanamkan nilai-nilai dalam masyarakat yang bertujuan menciptakan warga negara yang baik. Nilai-nilai profetik tersebut mengelaborasi konsep pendidikan tidak hanya berkutat dalam pemahaman. Tetapi, bagaimana sebuah pemahaman dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Nilai profetik mengandung tiga konsep inti meliputi 1) Konsep humanisasi dalam pendidikan profetik menekankan objektifikasi, yaitu pembelajaran yang baik harus memperhatikan objek yang dihadapi yaitu peserta didik. Sehingga pembelajaran yang disampaikan sesuai dengan kemampuan peserta didik. 2) Liberasi menekankan pendidikan sebagai kebebasan dalam berfikir, dan dalam upaya membebaskan peserta didik dari kebodohan dan indoktrinasi. 3) Transendensi sebagai landasan humanisasi dan liberasi bahwa nilai ketuhanan inilah yang akan membimbing manusia mencapai nilai luhur kemanusiaan. Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk membahas aktualisasi nilai profetik dalam PPKn. Metode yang digunakan penulis adalah studi pustaka dengan mengkaji referensi yang relevan. Dengan aktualisasi nilai-nilai profetik dalam kajian PPKn diharapkan mampu menanamkan kesadaran dalam pembelajaran yang sesuai kebutuhan peserta didik dan membebaskan peserta didik dari indoktrinasi sesuai nilai luhur kemanusiaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:12
Last Modified: 27 Mar 2018 05:12
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item View Item