Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Widiyanto, Delfiyan (2017) Pembelajaran Toleransi dan Keragaman dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 109-115 Delfiyan Widiyanto.pdf]
Preview
Text
109-115 Delfiyan Widiyanto.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Makalah ini membahas isu toleransi dan keragaman dalam kelas menggunakan pendekatan tematik dalam pembelajaran. Toleransi dan keragaman bahwa terdapat pemahaman, rasa saling menghormati, dan apresiasi terhadap keragaman budaya bagian penting bagi warga negara untuk dapat hidup damai. Berbagai budaya dengan memahami dan menghormati sebagai hal penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar hidup damai dan sejahtera baik lokal, nasional maupun global. Perlunya menangani toleransi dan keberagaman di sekolah untuk membekali siswa dari berbagai perbedaan dan keberagaman agar memiliki sikap toleran dan kerukunan. Pada makalah ini memiliki cara pengumpulan data dengan kajian kepustakaan atau metode liberary reasearh. Makalah ini mengkaji buku atau jurnal yang berhubungan dengan pembelajaran toleransi dan keragaman pada lingkup sekolah. Siswa dalam mempelajari berbagai budaya data di lakukan melalui proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada proses belajar mengajar di kelas dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap keberagaman. Guru yang menggunakan pendekatan tematik bisa digunakan untuk meningkatkan kesadaran siswa terhadap keragaman, dapat digunakan untuk melihat adanya perbedaan dan persamaan berbagai budaya. Pembelajaran pendekatan tematik dengan buku cerita dapat digunakan untuk mengajarkan sikap toleransi dan kerukunan di sekolah. Pembelajaran toleransi dan kerukunan dapat dikembangkan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, toleransi dan keragaman menjadi bagian dari kompetensi yang diharapkan.
Kata kunci : Budaya Toleransi, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Strategi Pembelajaran

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:09
Last Modified: 27 Mar 2018 05:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9769

Actions (login required)

View Item View Item