Strategi Pembelajaran Berbasis Social Learning Space Design melalui Model Small Research pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan: Pengalaman di Universitas Negeri Surabaya

Imron, Ali (0142) Strategi Pembelajaran Berbasis Social Learning Space Design melalui Model Small Research pada Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan: Pengalaman di Universitas Negeri Surabaya. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia. (In Press)

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of 142-145 Ali Imron.pdf]
Preview
Text
142-145 Ali Imron.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Small research merupakan model pembelajaran berbasis desain pembelajaran ruang sosial (social learning space design) yang menempatkan realitas sosial sebagai objek kajian dan mahasiswa diharapkan mampu menemukan isu utama untuk kemudian menformulasikan temuan guna merumuskan alternatif solusi dalam menyikapi permasalahan sosial. Small research sebagai model pembelajaran pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dilaksanakan berdasarkan atas kenyataan empris bahwa meskipun banyak mahasiswa mampu menyajikan tingkat hafalan yang baik terhadap materi ajar yang diterimanya, namun pada kenyataannya tidak memiliki pemahaman yang komprehensif. Akibatnya, mahasiswa tidak mampu mengkorelasikan konsep dengan aspek kemanfaatannya. Model pembelajaran small research dikembangkan berdasarkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Melalui pendekatan CTL, mahasiswa mampu menghubungkan materi yang dipelajari dengan berbagai konteks kehidupan sehari-hari, sehingga mahasiswa akhirnya mampu mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pengalaman pembelajaran mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan di Universitas Negeri Surabaya melalui model small research dilakukan meliputi teknik relating, exploring, applying, cooperating, dan transfering. Small research dirancang melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Proses evaluasi meliputi penilaian academic standart, performance standart, dan keterampilan kooperatif. Materi ajar yang dikembangkan melalui model pembelajaran small research adalah Demokrasi. Selepas tatap muka dan UTS, mahasiswa dibimbing untuk merancang small research, mulai dari menyusun proposal, membuat pedoman observasi dan wawancara, melakukan wawancara dan observasi lapangan, menyusun laporan, dan mendesiminasikan hasil. Mahasiswa mengakui bahwa model small research terbukti mampu merangsang motivasi belajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajarnya.
Kata kunci : social learning space design, small research, pendidikan kewarganegaraan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 05:08
Last Modified: 27 Mar 2018 05:08
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9773

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item