Tukiran, Tukiran and Fajar, Wildan Nurul and Abduh, Muhammad (2017) Pengembangan Nilai-nilai Demokrasi dengan Model Pembelajaran Diskusi Kelas. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.
Preview |
Text
191-198 Tukiran, Wildan Nurul Fajar, Muhammad Abduh.pdf Download (363kB) | Preview |
Abstract
Tindakan anarkis oleh sebagian pendukung karenaa kekalahan jago yang diusung dalam pilkades dan atau pilkada dewasa ini semakin sering terjadi. Meningkatnya kecenderungan penggunaan cara-cara tidak demokratis dan kekerasan dalam politik Indonesia belakangan ini, sebagian besarnya bersumber dari konflik di antara elit politik yang tidak kunjung terselesaikan. Cara paling strategis untuk “ mengalami demokrasi” dan menjadi civilized adalah melalui “pendidikan kewargaan”. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan nilai-nlai demokrasi dengan model pembelajaran diskusi kelas. Merupakan penelitian tindakan kelas pada mahasiswa semester II Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purwkerto yang terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dengan kuisioner, observasi. Analisis data dengan presentase. Hasil analisis rata-rata angket sikap demokratis mahasiswa semester II Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada pretest 42%, siklus I 88 %, dan siklus II: 91,95.%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaraan diskusi kelas dapat mengembangkan nilai-nilai demokrasi mahasiswa.
Kata kunci: Nilai demokrasi, pendidikan demokrasi, diskusi kelas
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)) |
Depositing User: | Dikdik Baehaqi Arif |
Date Deposited: | 27 Mar 2018 04:59 |
Last Modified: | 27 Mar 2018 04:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9780 |
Actions (login required)
View Item |