Penerapan Pendekatan Active Learning pada Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan

Ulfah, Nufikha (2017) Penerapan Pendekatan Active Learning pada Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi sebagai Upaya Mengembangkan Kompetensi Kewarganegaraan. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 214-225 Nufikha Ulfah.pdf] Text
214-225 Nufikha Ulfah.pdf

Download (280kB)

Abstract

Makalah ini memberikan sumbangan pemikiran yang berkenaan dengan inovasi model pembelajaran yang dikenal Pendekatan Active Learning yang memiliki 101 strategi pembelajaran yang bisa digunakan oleh seorang pendidik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penerapan Pendekatan Active Learning diharapkan dapat mengembangkan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge), Kecakapan Kewarganegaraan (Civic Skills), dan Watak Kewarganegaraan (Civic Dispositions) peserta didik; Memotivasi peserta didik untuk terlibat langsung secara aktif sehingga peserta didik dapat membangun pengalaman belajar dengan berbagai metode yang menitikberatkan kepada keaktifan peserta didik (student centered) serta melibatkan berbagai potensi siswa, baik yang bersifat fisik, mental, emosional maupun intelektual untuk mencapai tujuan pendidikan yang berhubungan dengan wawasan kognitif, afektif, dan psikomotor secara optimal serta untuk melatih para siswa berpikir kritis dan analitis, bersikap dan bertindak demokratis. Penerapan Pendekatan Active learning berusaha untuk memperkuat dan memperlancar stimulus dan respon peserta didik dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran menjadi hal yang menyenangkan, dan tidak menjadi hal yang membosankan bagi mereka. Strategi active learning yang diberikan kepada peserta didik dapat membantu ingatan mereka, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan sukses.
Kata kunci : Pendekatan Active Learning, Civic Knowledge, Civic Skills, Civic Dispositions

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:59
Last Modified: 27 Mar 2018 04:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9784

Actions (login required)

View Item View Item