Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Membentuk Sikap Demokratis Siswa di Sekolah Menengah Atas

Nurmanita, Mutiara (2017) Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Membentuk Sikap Demokratis Siswa di Sekolah Menengah Atas. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 226-233 Mutiara Nurmanita.pdf] Text
226-233 Mutiara Nurmanita.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menggambarkan model yang cocok dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk jenjang Sekolah Menengah Atas dikarenakan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di sekolah hanya transfer pengetahuan dan belum mampu membentuk sikap dan keterampilan siswa. Tentu saja hal tersebut menjadi polemik dalam menerapkan model yang ditujukan untuk membentuk sikap demokratis siswa. Sikap demokratis sebagai upaya untuk menjadikan warga negara yang mampu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat dengan sikap demokratis yaitu dengan model kelompok penyelidik. Kelompok penyelidik merupakan model pembelajaran yang menunjang siswa agar mampu berdiskusi dengan siswa lain dalam membentuk sikap demokratis yaitu mampu bertanya, mengemukakan pendapat sehingga terjalin hubungan interpersonal antarsiswa. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah studi kepustakaan untuk kemudian dianalisis. Model kelompok penyelidik dapat diterapkan dalam beberapa langkah untuk membentuk sikap demokratis siswa di Sekolah Menengah Atas yaitu: Pertama, menyajikan topik sesuai dengan minat dalam kelompok. Kedua, topik yang telah dipilih dalam kelompok kemudian dilakukan perencanaan untuk penyelidikan. Ketiga, kelompok melalukan investigasi terhadap topik yang telah dipilih. Keempat, kelompok merencanakan untuk melakukan persentasi di depan kelas akan tetapi terlebih dahulu membahas topik untuk diselesaikan. Kelima, kelompok melakukan presentasi di depan kelas dan anggota kelompok lainnya mendengarkan perwakilan kelompok menjelaskan topik yang telah didiskusikan.
Kata kunci : Investigasi Kelompok, Model Pembelajaran, Sikap Demokratis

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:59
Last Modified: 27 Mar 2018 04:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9785

Actions (login required)

View Item View Item