Strategi Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Sikap Toleran Peserta Didik di Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK

Dwintari, Julita Widya (2017) Strategi Pembelajaran PPKn untuk Pengembangan Sikap Toleran Peserta Didik di Kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 234-241 Julita.pdf]
Preview
Text
234-241 Julita.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah negara yang majemuk dengan berbagai perbedaan dan keberagaman baik agama, ras, bahasa, budaya, bentuk fisik, pendapat maupun kepentingan. Oleh karena itu, sikap toleran perlu dikembangkan pada diri setiap peserta didik. Sikap toleran merupakan sikap menghargai, membiarkan, membolehkan pendirian baik pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, maupun kelakuan yang berbeda atau bertentangan dengan pendiriannya sendiri. Tujuan dari tulisan ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk mengembangkan sikap toleran peserta didik di kelas XI SMA/MA/SMK/MAK. Metode yang digunakan adalah kajian pustaka dengan mengkaji dokumen yang relevan. Salah satu Kompetensi Dasar (KD) di SMA/MA/SMK/MAK yang memuat pengembangan sikap toleransi di kelas XI SMA/ MA/SMK/MAK adalah KD 2.4 bersikap toleran dan cinta damai sebagai refleksi peran Indonesia dalam perdamaian dunia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Strategi pembelajaran PPKn untuk mengembangkan sikap toleran dapat dilakukan mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, hingga penilaian dengan mengintegrasikan nilai toleransi. 1) Tahap persiapan, guru merencanakan bagaimana proses pembelajaran yang akan dilaksanakan mampu mengembangkan sikap toleran peserta didik dengan mengintegrasikan nilai toleransi dalam disain pembelajaran yang disusun dalam silabus dan RPP; 2) Tahap pelaksanaan guru melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan sikap toleran perlu mempertimbangkan sikap cinta damai, pengetahuan dan kompetensi keterampilan mendemonstrasikan. Salah satu model pembelajaran yang cocok untuk diterapkan adalah Value Clarification Technique (VCT); 3) Penilaian sikap toleran dapat dilakukan pada saat pembelajaran sedang berlangsung dengan menggunakan observasi dan penilaian diri, dan/atau setelah proses pembelajaran selasai dengan menggunakan penilaian antarpeserta didik maupun jurnal.
Kata kunci : nilai toleransi, pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, sikap toleran

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 27 Mar 2018 04:58
Last Modified: 27 Mar 2018 04:58
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9786

Actions (login required)

View Item View Item