Penguatan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Daerah Perbatasan Indonesia-Timor Leste Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan

Bria, Makarius Erwin (2017) Penguatan Wawasan Kebangsaan Peserta Didik di Daerah Perbatasan Indonesia-Timor Leste Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 393-399 Makarius Erwin Bria.pdf]
Preview
Text
393-399 Makarius Erwin Bria.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

Adanya globalisasi yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang berubah secara cepat di abad ke-21 ini seolah-olah menyamarkan batas antarnegara di dunia. Di sisi lain, globalisasi cenderung bersifat memaksa dan membawa seseorang untuk bergabung di dalam satu komunitas global sehingga dapat dengan cepat bertukar informasi antarindividu. Negara Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan negara Malaysia, PNG, Singapura, dan Timor Leste. Dengan melihat kondisi tersebut tampak semakin perlu adanya penguatan wawasan kebangsaan kepada masyarakat agar mampu mempertahankan eksistensi keindonesiaan itu sendiri. Mengerucut kepada kehidupan masyarakat di daerah perbatasan RI-Timor Leste yang juga berpotensi untuk berinteraksi dengan negara luar, maka penguatan wawasan kebangsaan di daerah perbatasan tersebut merupakan tindakan yang urgen untuk dilakukan agar menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara yang kokoh dan bulat. Upaya yang dilakukan untuk menguatkan wawasan kebangsaan di daerah perbatasan adalah melalui pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk menambah wawasan kebangsaan dan menumbuhkembangkan semangat persatuan dan kesatuan pada peserta didik. Metode penulisan yang digunakan adalah metode library research dengan didukung oleh jurnal penelitian yang relevan. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan pada peserta didik terutama di daerah perbatasan RI-Timor Leste bertujuan untuk menambah wawasan kebangsaan sehingga mampu mempertahankan nasionalisme, identitas bangsa, dan menghindari terjadinya disintegrasi bangsa. Dengan adanya penguatan wawasan kebangsaan dapat membentuk orientasi, sikap, dan perilaku peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizen) agar tetap mempertahankan jati diri bangsa demi terciptanya persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia.
Kata kunci : Pendidikan Kewarganegaraan, Perbatasan, Wawasan Kebangsaan

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 31 Mar 2018 03:23
Last Modified: 31 Mar 2018 03:23
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9931

Actions (login required)

View Item View Item