Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Terpadu dengan Modifikasi Tingkah Laku di SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2017-2018

Suyahman, Suyahman (2017) Peningkatan Mutu Pembelajaran PPKn melalui Penerapan Model Pembelajaran Interaksi Sosial Terpadu dengan Modifikasi Tingkah Laku di SMP Negeri 1 Kartasura Tahun Pelajaran 2017-2018. In: Konferensi Nasional Kewarganegaraan III, 11 November 2017, Yogyakarta, Indonesia.

[thumbnail of 448-453 Suyahman.pdf] Text
448-453 Suyahman.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPKn melalui penerapan model pembelajaran interaksi sosial terpadu dengan modifikasi tingkah laku (ISOMOKAKU) bagi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kartasura tahun pelajaran 2017-2018. Subjek penelitian adalah guru PPKn kelas VII dan siswa Kelas VII, objek penelitian adalah Pembelajaran PPKn. Penelitianya termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas yang digunakan adalah triangulasi data dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang terdiri dari 3 tahap: reduksi data, diaplay data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkan model pembelajaran (ISOMOKAKU), pembelajaran berpusat pada guru, pembelajaran kurang menarik dan menyenangkan, gaya mengajar guru monoton, metode dan media yang digunakan kurang variatif, dan siswa hanya sebagai objek pembelajaran. Aktifitas siswa pasif, siswa bosan dan tidak fokus, dan siswa sulit menerima materi pelajaran. Hal ini dibuktikan dari hasil tes formatif rata-rata skornya di bawah KKM dari 35 siswa, yang skornya di atas KKM hanya 18 siswa. Setelah diterapkan model pembelajaran (ISOMOKAKU) terjadi perubahan aktifitas guru dan siswa yang signifikan dalam pembelajaran hingga hasil tes formatifnya berubah sangat baik. Dari 35 siswa, yang skornya di bawah KKM hanya 2 siswa. Kesimpulannya bahwa penerapan model pembelajaran (ISOMOKAKU) dapat meningkatkan mutu pembelajaran PPKn pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kartasura tahun Pelajaran 2017-2018.
Kata kunci: Pembelajaran PPKn, Model ISOMOKAKU

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pancasila and Citizenship Education (S1-Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan))
Depositing User: Dikdik Baehaqi Arif
Date Deposited: 02 Apr 2018 01:34
Last Modified: 02 Apr 2018 01:34
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/9939

Actions (login required)

View Item View Item