Repository Universitas Ahmad Dahlan

Hasil Cek Similarity Inisiasi Program Pranikah Menuju Proses Reproduksi Sehat di Desa Sidoagung, Godean, Sleman

Salamah, Nina and Sunarti, Sunarti (2016) Hasil Cek Similarity Inisiasi Program Pranikah Menuju Proses Reproduksi Sehat di Desa Sidoagung, Godean, Sleman. Kerjasama antara Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan dengan Pustaka Pelajar, Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2016, Pemanfaatan IPTEKS dalam Membangun Desa Mandiri dan Religius.

[img] Text
2. Inisiasi.pdf

Download (15kB)

Abstract

Latar Belakang: Permasalan gizi remaja khususnya calon pengantin menjadi permasalahan yang serius di negara kita. Prevalensi KEK pada wanita usia subur 15-49 tahun 20,8%. Angka ini tergolong tinggi. Data skreening calon pengantin di wilayah Puskesmas Godean 1 didapatkan data kecenderungan peningkatan prevalensi KEK pada calon pengantin dengan prevalensi 29,25 ditahun 2012 meningkat menjadi 33,06 % pada tahun 2013. Angka ini sudah jauh melebihi angka nasional, sehingga perlu keseriusan dalam menangani hal tersebut. Selain itu prevalensi anemia juga meningkat dari 24,06% pada tahun 2012 menjadi 26,45% pada tahun 2013. Kurang Energi Kronik (KEK) dan Anemia merupakan indikator penting dalam kesehatan reproduksi. Jika pada tahun 2013 ditemukan jumlah balita stunting di wilayah Puskesmas Godean sebesar 16%, hal ini berbanding lurus dengan kenyataan status gizi calon pengantin pada periode tersebut. Penyebab tingginya prealensi KEK dan Anemia pada calon pengantin di Godean tidak lepas dari rendahnya tingkat pengetahuan tentang gizi dan pola makan remaja yang salah. Pemberian pengetahuan pada remaja khusus untuk calon pengantin berupa short course yang berkaitan dengan pendidikan gizi, kesehatan reproduksi dan upaya perintisan kewirausaan untuk kesiapan calon pengantin perlu dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode : Metode dalam pengabdian ini yaitu pemberian pelatihan berupa short course yang berkaitan dengan pendidikan gizi dan kesehatan reproduksi untuk kesiapan calon pengantin. Hasil : Terjadi peningkatan pengetahuan pada remaja setelah pelaksanaan short course. Kesimpulan : Pemberian short course tentang pendidikan gizi dan kesehatan reproduksi untuk kesiapan calon pengantin efektif untuk meningkatkan pengetahuan remaja dan calon pengantin tentang kesiapan menuju kesehatan reproduksi pasca pernikahan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Anemia, KEK, Caten, kesehatan reproduksi.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > S1-Pharmacy (S1-Farmasi)
Depositing User: Ms Nina Salamah
Date Deposited: 29 Jun 2018 02:48
Last Modified: 29 Jun 2018 02:48
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.