KERASIONALAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA DAN PENGARUH KESEMBUHAN PADA PASIEN ISPA DI PUSKESMAS CIMERAK CIAMIS JAWA BARAT PERIODE FEBRUARI-MARET 2013

Muhammad, Muhlis and Idacahyati, Keni (2014) KERASIONALAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA DAN PENGARUH KESEMBUHAN PADA PASIEN ISPA DI PUSKESMAS CIMERAK CIAMIS JAWA BARAT PERIODE FEBRUARI-MARET 2013. Masters thesis, Fakultas Farmasi UAD.

[thumbnail of muhlis Keni.docx] Text
muhlis Keni.docx

Download (33kB)

Abstract

ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) merupakan salah satu infeksi yang sering dialami oleh masyarakat. Pada tahun 2012 ISPA termasuk penyakit yang paling sering terjadi di Cimerak. Penggunaan antibiotika secara rasional dapat diartikan sebagai tepat dosis, tepat obat, tepat indikasi dan tepat pasien. Jika digunakan secara tidak rasional maka antibiotika dapat menyebabkan resistensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kerasionalan antibiotika dan pengaruhnya terhadap kesembuhan pada pasien ISPA di Puskesmas Cimerak Ciamis Jawa barat pada bulan Februari sampai Maret 2013. Jenis penelitian ini adalah observasional menggunakan desain cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Cimerak Kabupaten Ciamis dari bulan Februari-Maret 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui rekam medik pasien dan wawancara secara langsung kepada pasien menggunakan kuesioner. Penggunaan antibiotika tersebut kemudian dianalisis dan dikaji kerasionalannya berdasarkan 4T yaitu tepat indikasi, tepat obat, tepat pasien dan tepat dosis. Standar yang digunakan dalam penelitian ini adalah standar pengobatan dasar di Puskesmas tahun 2007 dan drug information handbook. Analisis data dengan menggunakan chi square dengan taraf kepercayaan 95 % untuk mengetahui hubungan antara kerasionalan dengan kesembuhan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 33 pasien, yang dikatakan rasional sebanyak 27 (81,2%), sedangkan yang tidak rasional sebanyak 6 (18,2%). Hasil analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kerasionalan penggunaan antibiotika dengan kesembuhan. Kesembuhan pada pasien pengguna antibiotika yang rasional akan meningkat 7,00 kali daripada pasien pengguna antibiotika yang tidak rasional (OR; 7,00; 95% CI 1,021<OR<47,969).

Kata Kunci : Rasional, Antibiotika, Pengaruh Kesembuhan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Muhammad Muhlis.,S.Si., Sp.FRS.., Apt
Date Deposited: 20 Aug 2019 03:19
Last Modified: 20 Aug 2019 03:19
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14384

Actions (login required)

View Item View Item