HUBUNGAN KERASIONALAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA DAN KESEMBUHAN PADA PASIEN ISPA DI PUSKESMAS TOMALOU KOTA TIDORE KEPULAUAN PERIODE AGUSTUS-OKTOBER 2013

Muhammad, Muhlis and Junus, Nursantri (2014) HUBUNGAN KERASIONALAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIKA DAN KESEMBUHAN PADA PASIEN ISPA DI PUSKESMAS TOMALOU KOTA TIDORE KEPULAUAN PERIODE AGUSTUS-OKTOBER 2013. Masters thesis, Fakultas Farmasi UAD.

[thumbnail of muhlis, junus.docx] Text
muhlis, junus.docx

Download (215kB)

Abstract

INTISARI

ISPA (infeksi saluran pernafasan akut) merupakan salah satu penyakit yang termasuk dalam kelompok 10 penyakit terbanyak di Puskesmas Tomalou Kota Tidore Kepulauan. Penggunaan antibiotika secara rasional dapat diartikan sebagai tepat pasien, tepat obat, tepat indikasi, tepat dosis, serta peggunaannya dapat meminimalkan resiko efek samping obat. Jika antibiotika digunakan secara tidak rasional maka dapat menyebabkan resistensi serta tidak tercapainya tujuan terapi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kerasionalan penggunaan antibiotika dan kesembuhan pada pasien ISPA di Puskesmas Tomalou Periode Agustus – Oktober 2013.

Design penelitian ini adalah observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Tomalou Kota Tidore Kepulauan dari bulan Agustus - Oktober 2013. Pengumpulan data dilakukan melalui rekam medik pasien dan wawancara secara langsung kepada pasien menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan chi square untuk mengetahui hubungan antara kerasionalan dan kesembuhan.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari 225 pasien, yang dikatakan rasional sebanyak 195 responden (86,67%), sedangkan yang tidak rasional sebanyak 30 responden (13,33%). Hasil analisis bivarian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara kerasionalan penggunaan antibiotika dengan kesembuhan (p=0,004) dengan nilai chi square 8,366. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kerasionalan penggunaan antibiotika dan kesembuhan pada pasien ISPA.

Kata Kunci : Rasional, Antibiotika, Kesembuhan Pasien

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Muhammad Muhlis.,S.Si., Sp.FRS.., Apt
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:09
Last Modified: 16 Aug 2019 03:09
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item