Metode Jackknife Ridge Regression dalam Mengatasi Masalah Multikolinearitas

Haq, M. Addienul and Purwadi, Joko (2019) Metode Jackknife Ridge Regression dalam Mengatasi Masalah Multikolinearitas. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[thumbnail of T1_1500015061_NASKAH PUBLIKASI.pdf]
Preview
Text
T1_1500015061_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (394kB) | Preview

Abstract

Pada analisis regresi berganda, terdapat beberapa asumsi-asumsi klasik yang harus dipenuhi, salah satunya adalah tidak adanya multikolinearitas. Metode yang digunakan untuk mengatasi multikolinearitas diantaranya yaitu Jackknife Ridge Regression (JRR). Metode JRR merupakan pengembangan dari metode generalized ridge regression dengan menekankan pengurangan bias pada estimator ridge dan bias yang dihasilkan tidak dijamin selalu bernilai kecil. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hasil estimasi parameter-parameter model
regresi linear berganda dengan metode Jackknife ridge regression yang diterapkan pada data IPM di Provinsi Jawa Tengah. Hasil penelitian adalah diperolehnya hasil terbaik dalam mengatasi masalah multikolinearitas yaitu dengan metode JRR karena dapat menghasilkan nilai mean square erorr(MSE) dan variansi lebih kecil dari metode GRR.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Keyword: Jackknife Ridge Regression, Generalized Ridge Regression, Multikolinearitas
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisi / Prodi: Faculty of Applied Science and Technology (Fakultas Sains Dan Teknologi Terapan) > S1-Mathematics (S1-Matematika)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 27 Sep 2019 04:17
Last Modified: 27 Sep 2019 04:17
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/14875

Actions (login required)

View Item View Item