Repository Universitas Ahmad Dahlan

PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MANTARAN SLEMAN

Apriyanto, Slamet and Hidayat, Panji (2019) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MANTARAN SLEMAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.

[img]
Preview
Text
T1_1400005272_NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pengembangan media pembelajaran yang ada di sekolah dasar. Dan kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media menyebapkan siswa kurang minat dalam belajar mata pelajaran IPA. Hal tersebut mengakibatkan beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPA khususnya materi kebutuhan makhluk hidup. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui langkah pengembangan media pop-up book pada mata pelajaran IPA, (2) mengetahui kelayakan media pop-up book , (3) mengetahui respon siswa terhadap pop-up book. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model ADDIE. Dalam model ADDIE ini saya mengambil 3 model diantaranya, Analysis, Design, dan Development. Analysis adalah identifikasi dengan mencari informasi dari sumber penelitian diantaranya siswa dan guru, Design adalah setelah Analysis dilakukan maka dilanjutkan menyusun rencana produk yang telah ditetapkan dengan masalah yang ada di SD Muhammadiyah Mantaran Sleman, Development adalah untuk menghasilkan dan memvalidasi produk pembelajaran Diantaranya validasi ahli media, validasi ahli materi, validasi ahli pembelajaran. Subjek keterbatasan yaitu mengetahui kelayalan media pembelajaran, dari subjek secara luas dapat di gunakan media sebagai bahan ajar khususnya pada mata pelajaran IPA kelas III materi kebutuhan makhluk hidup. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Mantaran Sleman. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian diuji menggunakan validitas oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan pertanyaan angket siswa dan angket guru. Sedangkan analisis data kuantitatif di ketahui hasil kelompok besar dan kelompok kecil, kelompok besar berjumlah 20 siswa sedangkan kelompok kecil berjumlah 10 siswa. jumlah keseluruhan siswa pada kelas III di SD muhammadiyah mantaran sleman adalah 26 siswa Kelayakan pop-up book diperoleh dari penilaian penguji ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran adalah 70, 87.5 dan 92.5 dengan kategori baik sekali. Penilaian guru pada uji coba kelompok kecil dan besar adalah 87.5 dan 87.5 dengan kategori baik sekali. Penilaian siswa pada kelompok kecil dan besar adalah 87 dan 90 dengan kategori baik sekali. Dari seluruh penilaian diperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian pop-up book dikatakan layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Naskah Publikasi (Bachelor)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: publikasi uad
Date Deposited: 15 Oct 2019 02:59
Last Modified: 15 Oct 2019 02:59
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15325

Actions (login required)

View Item View Item

Repository Universitas Ahmad Dahlan is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.