Apriyanto, Slamet and Hidayat, Panji (2019) PENGEMBANGAN POP-UP BOOK DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KEBUTUHAN MAKHLUK HIDUP PADA KELAS III SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH MANTARAN SLEMAN. Bachelor thesis, Universitas Ahmad Dahlan.
Preview |
Text
T1_1400005272_NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (519kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pengembangan media pembelajaran yang ada di
sekolah dasar. Dan kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan media menyebapkan
siswa kurang minat dalam belajar mata pelajaran IPA. Hal tersebut mengakibatkan
beberapa siswa masih kesulitan dalam memahami mata pelajaran IPA khususnya materi
kebutuhan makhluk hidup. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui
langkah pengembangan media pop-up book pada mata pelajaran IPA, (2) mengetahui
kelayakan media pop-up book , (3) mengetahui respon siswa terhadap pop-up book. Jenis
penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model ADDIE. Dalam
model ADDIE ini saya mengambil 3 model diantaranya, Analysis, Design, dan
Development. Analysis adalah identifikasi dengan mencari informasi dari sumber
penelitian diantaranya siswa dan guru, Design adalah setelah Analysis dilakukan maka
dilanjutkan menyusun rencana produk yang telah ditetapkan dengan masalah yang ada di
SD Muhammadiyah Mantaran Sleman, Development adalah untuk menghasilkan dan
memvalidasi produk pembelajaran Diantaranya validasi ahli media, validasi ahli materi,
validasi ahli pembelajaran. Subjek keterbatasan yaitu mengetahui kelayalan media
pembelajaran, dari subjek secara luas dapat di gunakan media sebagai bahan ajar khususnya pada mata pelajaran IPA kelas III materi kebutuhan makhluk hidup. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas III SD Muhammadiyah Mantaran Sleman. Pengumpulan
data dilakukan menggunakan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian diuji
menggunakan validitas oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran. Data yang
terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis
data kualitatif menggunakan pertanyaan angket siswa dan angket guru. Sedangkan analisis
data kuantitatif di ketahui hasil kelompok besar dan kelompok kecil, kelompok besar
berjumlah 20 siswa sedangkan kelompok kecil berjumlah 10 siswa. jumlah keseluruhan
siswa pada kelas III di SD muhammadiyah mantaran sleman adalah 26 siswa Kelayakan
pop-up book diperoleh dari penilaian penguji ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran
adalah 70, 87.5 dan 92.5 dengan kategori baik sekali. Penilaian guru pada uji coba
kelompok kecil dan besar adalah 87.5 dan 87.5 dengan kategori baik sekali. Penilaian
siswa pada kelompok kecil dan besar adalah 87 dan 90 dengan kategori baik sekali. Dari
seluruh penilaian diperoleh nilai rata-rata 86 dengan kategori baik sekali. Dengan demikian
pop-up book dikatakan layak sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Faculty of Teacher Training and Education (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) > S1-Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | publikasi uad |
Date Deposited: | 15 Oct 2019 02:59 |
Last Modified: | 15 Oct 2019 02:59 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/15325 |
Actions (login required)
View Item |