UAD-Alat Bantu Pengajaran Bahasa-Skripsi-elektro-Abstrak

SARI, Desy Kurnia (2011) UAD-Alat Bantu Pengajaran Bahasa-Skripsi-elektro-Abstrak. Other thesis, UAD.

[thumbnail of UAD-Alat_Bantu_Pengajaran_Bahasa-Skripsi-elektro-Abstrak.pdf]
Preview
PDF
UAD-Alat_Bantu_Pengajaran_Bahasa-Skripsi-elektro-Abstrak.pdf

Download (8kB)

Abstract

PENGEMBANGAN ALAT BANTU PENGAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR BERBASIS MULTIMEDIA

DESY KURNIA SARI
03022010
ABSTRAK
Bahasa adalah alat untuk menyampaikan gagasan, pikiran, pendapat, dan perasaan. Bahasa Inggris adalah Bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap penting untuk tujuan penyerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan pembinaan hubungan dengan bangsa-bangsa lain. Namun kenyataannya siswa cenderung bosan dengan materi-materi Bahasa Inggris yang sulit dicerna karena pengucapan dan tulisan yang tidak sama, sehingga menyebabkan kurangnya minat anak terhadap pelajaran Bahasa Inggris. Adapun penelitian ini adalah menghasikan dan menguji perangkat lunak (software) Pengembangan Alat Bantu Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Berbasis Multimedia.
Untuk mendeskripsikan Pengembangan Alat Bantu Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Berbasis Multimedia, penelitian ini dilaksanakan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Perancangan untuk membangun aplikasi ini meliputi rancangan naskah, rancangan isi dan rancangan grafis. Program yang digunakan adalah Macromedia Flash Pro 8. Untuk pengujian dilakukan dengan cara Alpha test dan Black Box Test.
Penelitian ini telah menghasilkan aplikasi Pengembangan Alat Bantu Pengajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Berbasis Multimedia. Aplikasi tersebut kemudian diuji cobakan pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar serta guru Bahasa Inggris Sekolah Dasar. Hal tersebut dibuktikan dari hasil prosentase Black Box Test yaitu 95% setuju, dan 5% tidak setuju, sedangkan hasil prosentase Alpha Test yaitu 78,33% sangat setuju, 21,67% setuju, 0% kurang setuju dan 0% tidak setuju sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibangun telah dapat digunakan dengan baik.
Kata Kunci : Pembelajaran, Multimedia, Macromedia Flash Pro 8.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Electrical Engineering (S1-Teknik Elektro)
Depositing User: Sdr Tunggal Pribadi Perpustakaan UAD
Date Deposited: 08 Jun 2011 22:37
Last Modified: 08 Jun 2011 22:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/159

Actions (login required)

View Item View Item