Sertifikat Hak Cipta : Petunjuk Inovasi Penggunaan Pupuk Cair "Dilan Go Green"

Universitas Ahmad Dahlan (2019) Sertifikat Hak Cipta : Petunjuk Inovasi Penggunaan Pupuk Cair "Dilan Go Green". EC00201937015.

[thumbnail of Sertifikat Hak Cipta]
Preview
Text (Sertifikat Hak Cipta)
sertifikat_EC00201937015_Dilan Go Green_2.pdf - Published Version

Download (771kB) | Preview

Abstract

DILAN (Liquid Biocompost Plant) adalah merupakan inovasi pupuk cair alami pengganti pupuk cair kimia untuk tanaman hidroponik yang memanfaatkan limbah buah-buahan menjadi nilai yang berguna. Inovasi ini merupakan salah satu
inovasi dalam menanggulangi limbah buah-buahan yang menumpuk di Kota Yogyakarta. Telah dilakuka uji coba terhadap tanaman hidroponik sawi-sawian dengan menggunakan pupuk cair kimia, hasilnya tidak terjadi perbedaan yang signifikan. Hal ini membuktikan bahwa pupuk cair organik ini mampu menggantikan pupuk cair kimia meskpun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut
terhadap kandungan nutrisi yang terdapat dalam DILAN ini. Selain itu dilakukan juga uji kepekatan nutrisi tanaman pada larutan DILAN menggunakan alat TDS (Total Dissolved Solid) meter. Hasilnya masih di ambang batas nutrisi tanaman hidroponik yang baik yaitu 800 hingga 1200 ppm (Part Per Million). Diharapkan dengan adanya inovasi DILAN ini dapat membantu permasalahan limbah buahbuahan yang terdapat di Yogyakarta. Kedepannya berharap bahwa perlu dilakukannya penelitan mengenai kandungan nutrisi yang terdapat dalam pupuk cair organik DILAN ini.

Item Type: Patent
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
S Agriculture > SB Plant culture
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisi / Prodi: Faculty of Industrial Technology (Fakultas Teknologi Industri) > S1-Industrial Engineering (S1-Teknik Industri)
Depositing User: M.Sc Okka Adiyanto
Date Deposited: 03 Jul 2020 08:37
Last Modified: 03 Jul 2020 08:37
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/19155

Actions (login required)

View Item View Item