Peer Review Aktivitas Isolat Actinomycetes dari Rumput Laut (Eucheuma cottonii) sebagai Penghasil Antibiotik terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli

Sulistyani, Nanik and Akbar, Achmad Nuryadin Peer Review Aktivitas Isolat Actinomycetes dari Rumput Laut (Eucheuma cottonii) sebagai Penghasil Antibiotik terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Fakultas Farmasi, Universitas Pancasila.

[img] Image (Peer review)
8. Aktivitas Isolat Actinomycetes dari Rumput Laut.pdf - Other

Download (1MB)

Abstract

Actinomycetes merupakan kelompok mikrob yang paling banyak menghasilkan senyawa bioaktif sebagai antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi Actinomycetes dari rumput laut Eucheuma cottonii dan mengidentifikasi aktivitas Actinomycetes hasil isolasi sebagai penghasil antibiotik terhadap Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Selanjutnya, penelitian ini bertujuan mengetahui bercak kromatografi lapis tipis (KLT) yang menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap S.aureus dan E. coli. Isolasi Actinomycetes dari E.cottonii dilakukan dengan metode cawan sebar. Uji aktivitas isolat Actinomycetes sebagai penghasil antibiotik terhadap S.aureus dan E.coli dilakukan dengan metode sumuran.KLT bioautografi dilakukan dengan silika gel GF254 dan fase gerak n-heksan : etil asetat (2:3). Hasil menunjukkan bahwa isolat RL 6 dan RL 12 menghasilkan antibiotik terhadap S.aureus dan E.coli. Hasil KLT bioautografi ekstrak etil asetat dari kultur RL 6 dan RL12 terhadap S.aureus dan E.coli menunjukkan zona hambat masing-masing pada Rf 0,05 dan 0,22.

Item Type: Other
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QR Microbiology
R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisi / Prodi: Faculty of Pharmacy (Fakultas Farmasi) > Program of Professional Pharmacist
Depositing User: Dr Nanik Sulistyani
Date Deposited: 11 Oct 2020 06:04
Last Modified: 11 Oct 2020 06:04
URI: http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/20815

Actions (login required)

View Item View Item