Nurlaina, Nurlaina and Fitrianawati, Meita and Rahya, Rahya (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 8 NISAM ANTARA. [Artikel mahasiswa]
Text
29. Nur Laina-PGSD (785-794).pdf Download (304kB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh keterampilan membaca siswa rendah. Kemudian, selama proses pengajaran materi berlangsung, terlihat siswa-siswi kurang meresponnya dengan baik, siswa terlihat kurang bersemangat, bosan dan seolah-olah berharap pelajaran segera berakhir. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas VI SD Negeri 8 Nisam Antara dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tempat Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 8 Nisam antara, dipilihnya tempat tersebut karena merupakan tempat peneliti bertugas sebagai guru. perbandingan antara skor rata-rata kelas pada pratindakan dan siklus I sebagai berikut: aspek (a) kesiapan sebesar 0,9; aspek(b) kejelasan 0,7; aspek (c) isi sebesar 0,9; aspek (d) volume suara sebesar 0,8; aspek (e)posisi tubuh dan kontak pandang sebesar 1.4;aspek (f) jeda sebesar 0,5; aspek (g) waktu/ durasi sebesar 0,9 dan aspek (h) mendengarkan penampilan teman sekelas sebesar 1,1. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada kondisi prasiklus siswa yang tuntas hanya 7 siswa (46.3% ) dengan rata-rata 14.8. Siklus 1 ketuntasan meningkat menjadi 14 siswa ( 68.8% ) dengan rata-rata 21,9. Siklus 2 meningkat menjadi 19 siswa (81.8%) dengan rata-rata 26.42.
Item Type: | Artikel mahasiswa |
---|---|
Keyword: | Meita Fitrianawati |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisi / Prodi: | Program Profesi Guru |
Depositing User: | Sertifikasi Guru |
Date Deposited: | 24 Nov 2020 04:31 |
Last Modified: | 24 Nov 2020 04:31 |
URI: | http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21370 |
Actions (login required)
View Item |